oleh

Menanggulangi dan Evakuasi Korban Bencana, BPBD Pati Anggarkan Rp115 Juta

Pati, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten mendapatkan anggaran sebesar Rp115.400.000 untuk penanggulangan serta penyelamatan dan evakuasi korban bencana pada tahun 2021.

Kepala BPBD Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya menuturkan bahwa anggaran tersebut kaitannya tidak hanya untuk bencana alam banjir saja. Tetapi juga diperuntukkan segala macam bencana. Baik bencana alam banjir, tanah longsor maupun lainnya.

“Itu untuk bencana satu tahun, karena bencana di Pati nggak hanya banjir. Nanti ketika masuk di bulan 8, 9, 10 ganti kekeringan. Itu pokoknya yang ada kita gunakan,” ujar Martinus saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Baca juga: BPBD Sleman Perpanjang Status Siaga Gunung Merapi

Banyaknya dana ini diperuntukkan pemenuhan kebutuhan korban bencana alam baik berupa bantuan logistik pangan, bantuan logistik non pangan maupun untuk pengerahan relawan.

Martinus menjelaskan bantuan logistik pangan dan non pangan dianggarkan sebesar Rp77.200.000. Sedangkan untuk evakuasi pertolongan dianggarkan sejumlah Rp45.200.000. “Jadi total keseluruhan anggaran untuk tahun 2021 sebesar Rp115.400.000,” jelas mantan Camat Pati Kota ini.

Namun, Martinus mengaku belum menghitung penggunaan alokasi dana untuk bencana banjir saat ini. Pada saat ini, lanjut Martinus, masih menggunakan dana sisa dari tahun 2020.

Baca juga: BPBD Sebut Sejumlah Daerah di Semarang Rawan Banjir Hingga Longsor

Dalam pengadaan bantuan pun pihaknya selama ini tidak hanya mengandalkan anggaran dari BPBD saja. Menurut Martinus justru banyak bantuan yang datang dari partisipasi masyarakat atau instansi pemerintah lainnya.

“Kemarin aja dapat bantuan dari BNPB, dari BPBD provinsi kita juga dibantu, dari Bank Jateng juga dibantu,” jelasnya.

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait