oleh

Olahraga Ringan yang Cocok untuk Lansia

Mitrapost.com Kegiatan olahraga menjadi salah satu aktivitas penting untuk menjaga kebugaran tubuh bahkan untuk kelompok usia lanjut.  Bedanya, lansia tidak bisa melakukan olahraga dalam durasi waktu yang lama karena fungsi jantung, pembuluh darah, dan paru-paru tak berfungsi sebaik ketika masih di usia muda.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) waktu olahraga untuk lansia yang dianjurkan dibagi dalam tiga kategori. Pertama, olahraga intensitas sedang minimal 150 menit dalam seminggu, atau intensitas berat 75 menit dalam seminggu. Kemudian olahraga keseimbangan paling sedikit 3 kali seminggu. Serta olahraga kekuatan atau ketahanan otot minimal dua kali seminggu.

Lalu, jenis olahraga apa yang cocok dan baik untuk kelompok usia lanjut?

Baca juga: Trik Olahraga tanpa Absen Ngetik di depan Komputer

Jalan kaki

Olahraga jalan kaki menjadi pilihan paling baik bagi lansia karena cukup sederhana dan tidak terlalu menguras energi. Olahraga jenis aerobik ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Jogging dan jalan cepat

Jika kondisi fisik memungkinkan, olahraga dengan berjalan cepat atau jogging dapat menjadi alternatif kegiatan fisik bagi lansia.

Berbeda dengan jalan kaki, berjalan cepat dilakukan dengan memperhatikan kecepatan pergantian kaki yang stabil dan konsisten. Berjalan cepat berfungsi melatih kekuatan tubuh dan mempertahankan postur yang baik.

Baca juga: Pati Punya Sirkuit Balap Motor di Kecamatan Cluwak

Senam

Senam ringan sangat disarankan untuk aktivitas fisik lansia untuk menjaga kekeuataan otot dan tulang. Selain itu gerakan-gerakan senam juga bisa meringankan gejala penyakit kronis, meingkatkan daya tahan tubuh, serta melatih keseimbangan.

Bersepeda

Olahraga kayuh baik untuk meningkatkan kekuatan tulang dan sendi serta menjaga kesehatan jantung. Bagi lansia bisa menggunakan lintasan track yang datar agar energi tidak terforsir terlalu banyak.

Namun dari semua kegiatan fisik tersebut, hal yang perlu diperhatikan adalah durasi olahraga. Idealnya durasi olahraga bagi lansia dibagi menjadi lima hari dalam seminggu.

Untuk aktivitas fisik yang berat, lakukanlah minimal 3 hari dalam seminggu. Setiap beraktivitas fisik, pastikan durasinya berlangsung selama paling sebentar 10 menit sampai maksimal 30 menit.

Setelah terbiasa dengan patokan minimal tersebut baru boleh meningkatkan intensitas olahraga dan durasi aktivitas fisik ke tingkat sedang dan tingkat berat. (*)

Baca juga: Olahraga Pereda Stres Saat Weekend

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait