oleh

Video : Sampah Serapah, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Ala Pemuda Sukolilo

Pati, Mitrapost.com – Alunan tembang dikumandangkan seseorang dari kejauhan. Perlahan-lahan, pelantun tembang terlihat mengenakan pakaian serba hitam dengan sebuah selendang mengikat tubuhnya.

Gadis cantik itu berjalan pelan, diikuti dua kawannya yang berpakaian sama. Bergerak pelan, khidmat. Mereka menarikan Tari Gandring Landrang Gajah Seno. Tari yang diciptakan untuk mengiringi kepergian Dalang Seno tersebut dimainkan begitu apik oleh para mahasiswa ISI Surakarta ini.

Meraka berserah diri kepada Tuhan melalui gerak dan tarian agar bumi selamat dari musibah, bencana dari sampah maupun pandemi.

Pertunjukkan tari itu merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari lalu.

Selain pertunjukkan tari, acara yang digelar di Dukuh Sanggrahan, Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo pada Minggu, (22/2/2021), ini juga menampilkan pembacaan puisi, performance art, pameran seni rupa dari sampah, diskusi tentang sampah hingga penggalangan dana untuk korban banjir yang ada di Kabupaten Pati, khususnya Kecamatan Sukolilo.

Acara ini diinisiasi oleh dua kelompok anak muda di Kecamatan Sukolilo, yakni Rangaswengi dan Sandal Petualang. Mereka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan mencoba mengedukasi anak-anak tentang bahaya sampah.

“Acara ini dinilai 4 hari lalu, mulai tanggal 18 Februari dengan menyusuri kali dan memungut sampah, tanggal 19 Februari ada pembuatan karya anak-anak dari sampah yang didapatkan dari penyusuran kali,” tutur salah satu panitia, Iqbal.

Acara ini juga menampilkan sebuah film dokumenter karya para pemuda Rangaswengi dan Sandal Petualang. “Semoga alam yang baik ini lebih baik lagi. Covid selesai dan banjir juga selesai,” imbuh Iqbal.

Komentar

Berita Terkait