oleh

Masa Kontrak Habis, Hotel Kencana Pati Tak Lagi Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Pati, Mitrapost.com Lantaran masa kontrak berakhir, Hotel Kencana tidak lagi dijadikan sebagai tempat isolasi warga Pati yang positif mengidap Covid-19 dengan status tanpa gejala atau OTG.

Masa kontrak Hotel Kencana sendiri berakhir pada tanggal 19 Februari 2021 lalu. Hal ini membuat tempat isolasi di Hotel Kencana ditutup dan akan dioperasionalkan sebagai hotel kembali setelah sterilisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edy Siswanto mengungkapan saat ini tempat isolasi OTG dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo. Tepatnya di ruangan Wijaya Kusuma 3 dan Wijaya Kusuma 4.

“Karena kasus OTG semakin sedikit sehingga isolasi terpusat di Wijaya Kusuma 3 & Wijaya Kusuma 4,” ujar Edy saat dikonfirmasi pada hari Senin (22/2/2021).

Edy menilai pengalihan tempat karantina ini tidak akan memberi pengaruh negatif. Justru ia yakin hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Pati Habiskan 3 Miliar Lebih untuk Sewa Hotel Kencana Sebagai Tempat Karantina

Apalagi kapasitas ruang Wijaya Kusuma 3 dan Wijaya Kusuma 4 lebih besar daripada Hotel Kencana. Sebelumnya, hotel tersebut mampu menampung 50 lebih OTG. Sedangkan Ruang Wijaya Kusuma 3 dan Wijaya Kusuma 4 dapat menampung 60 OTG.

Saat ini OTG yang mendiami ruangan Wijaya Kusuma 3 dan Wijaya Kusuma 4 ada 30 orang. “Isoman (isolasi mandiri) di WK (Wijaya Kusuma) 3-4 saat ini 30 OTG,” ungkap Edy.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Pati menghabiskan lebih dari Rp3 miliar untuk menyewa Hotel Kencana sebagai tempat karantina sampai akhir Januari 2021 lalu.

Baca juga: Bekas Pukesmas Sluke Beralih Jadi Tempat Isolasi Mandiri Terpusat

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengungkapan hingga Rabu (27/1/2021) lalu warga yang telah check out setelah menjalani karantina mandiri di Hotel Kencana sebanyak 1.205 orang. Setiap paket karantina mandiri dibanderol Rp3 juta setiap orangnya.

Apabila dihitung secara matematis, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati telah mengeluarkan Rp3,61 miliar untuk menyewa hotel yang terletak di Jalan RA Kartini ini. (*)

Baca juga: Babinsa di Rembang Ikuti Pelatihan Tracing Penanganan Covid-19

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Komentar

Berita Terkait