oleh

Panitia Pelaksana Pilkades di Pati Diimbau Siapkan Jalur Khusus

Pati, Mitrapost.com Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 akan berbeda dengan pilkades periode sebelumnya. Kondisi pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan pesta demokrasi harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pati, Supardi, mengungkapkan panitia pelaksana pilkades di masing-masing daerah pemilihan untuk menyediakan jalur khusus jika ada pemilih yang memiliki suhu diatas 37°Celcius. Sebab dikhawatirkan ada pemilih yang berstatus orang tanpa gejala.

“Kami mengimbau kepada panitia pelaksana pilkades untuk menyediakan petugas yang siap melayani pemilih rentan. Mereka perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap,” ujar Supardi, Rabu (24/2/2021).

Selain itu, untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19. Panitia perlu menyediakan ruang yang cukup mendukung penerapan physical distancing. Terutama pengaturan jarak kursi pemilih.

Baca juga: Kontestasi Pilkades Serentak di Pati, Ini Syaratnya

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pati, Supardi mengungkapkan pilkades tahun ini didasari dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 88/2020 tentang Pelaksanaan Pilkades di Masa Pandemi Covid-19.

Pada regulasi tersebut terdapat pembenahan dibandingkan perbup sebelumnya. Beberapa aturan sudah direvisi untuk disesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

“Kami mengimbau kepada semua panitia, calon kepala desa, dan saksi mengefektifkan penggunaan APD lengkap, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer, dan face shield,” ujar Supardi.

Selain itu panitia pelaksanan pilkades 2021 perlu memperhatikan pembatasan pemilih di tempat pemungutan suara.

Bagi desa yang memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.500, maka perlu menetapkan 3 daerah pemilih (Dapil). Sehingga maksimal 1 dapil disediakan untuk 500 DPT. Sementara, yang lebih dari itu harus menetapkan 5 Dapil. (*)

Baca juga: Pilkades 2021 di Pati Siap Digelar, Ini Jadwal Tahapannya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Berita Terkait