oleh

Pilkades 2021 di Pati Siap Digelar, Ini Jadwal Tahapannya

Pati, Mitrapost.com Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di Kabupaten Pati siap digelar pada 10 April 2021 nanti. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati telah menerbitkan jadwal tahapan-tahapan Pilkades yang digelar secara serentak pada Rabu (27/1/2021).

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) mengatakan jadwal tahapan-tahapan diawali dengan pembentukan panita Pilkades yang diagendakan pada 29 Januari 2021 hingga 5 Februari 2021 atau selama satu pekan.

BPKAD Pati

“Pembentukan panitia pada tanggal 29 Januari sampai 5 Februari,” ujar Sukardi saat menyampaikan tahapan-tahapan dalam acara Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang 1 tahun 2021 di masa pendemi Covid-19.

Baca juga: Dewan Minta Tapem Sekda Pati Fokus ke Pilkades 2021

Setelah itu, lanjut Sukardi, akan dilakukan tahapan kedua, yakni pengumuman dan pendaftaran calon kepala desa (cakades) yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 25 Februari 2021 hingga 6 Maret 2021.

Dalam tahapan ini, bakal calon kades yang telah menjabat kepala desa selama 3 periode tidak diperkenankan mengikuti pendaftaran. Hal ini dilakukan agar adanya regenerasi dan terjadinya pemerintahan desa yang berkembang lebih baik.

Setelah tahapan pendaftaran, panitia Pilkades di desa-desa melakukan penelitian dan klarifikasi kelengkapan persyaratan para bakal calon. Lalu menetapkan dan mengumumkan calon kepala desa.

“Tahapan ini berlangsung dari tanggal 8 Maret 2021 sampai tanggal 1 April 2021,” ungkap Sukardi.

Tahapan Pilkades selanjutnya, panitia mempersilakan para calon kepala desa yang telah ditetapkan untuk melakukan kampanye. Kampanye ini berlangsung mulai dari tanggal 3 April hingga 6 April 2021. Setelah tanggal tersebut, para calon Kades dilarang melakukan kampanye.

Baca juga: Komisi A DPRD Pati Minta Perangkat Tak Masuk Tim Sukses dalam Pilkades

Kemudian pada tanggal 7 April hingga 9 April 2021 akan berlangsung hari tenang di mana para calon dilarang melakukan berbagai upaya untuk mempengaruhi suara masyarakat.

“Lalu pemungutan suara pada tanggal 10 April 2021,” tandas Sukardi.

Masa pendmi Covid-19 diprediksikan masih berlangsung saat Pilkades 2021. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Pati berupaya melaksanakan Pilkades ini dengan protokol kesehatan agar tidak timbul klaster baru penyebaran virus corona. (*)

Baca juga: Pilkades 10 April 2021 Mendatang, Begini Bocorannya

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait