oleh

Angin Ribut di Sukoharjo, Warga Ditemukan Tewas di dalam Rumah

Mitrapost.com Angin ribut yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo siang tadi mengakibatkan sejumlah pohon hingga rumah ambruk, Kamis (25/2/2021). Peristiwa alam ini juga menewaskan satu nyawa.

Korban meninggal adalah Karti (64) warga Mupusan RT 003 RW 005 Desa Pondok, Kecamatan Grogol, ia ditemukan tak bernyawa di dalam rumah yang tertimpa pohon tumbang saat tertidur.

Camat Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, kejadian pohon tumbang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Saat itu angin berhembus sangat kencang hingga menyebabkan banyak pohon yang berada di wilayah Grogol tumbang.

Salah satunya pohon sengon yang ada di halaman rumah korban. Nahasnya saat itu korban tengah tertidur di dalam rumah dan ditemukan dalam kondisi telah meninggal dunia.

“Benar kami mendapat laporan angin ribut menumbangkan sejumlah pohon, dan salah satunya menimpa rumah yang didalamnya ada penghuninya, dan diketahui korban meninggal dunia tertimpa reruntuhan bangunan rumah,” kata Bagas.

Baca juga: Rumah Roboh Diterjang Hujan dan Angin, Satu Korban Alami Luka

Pihaknya yang menerima laporan tersebut langsung melaporkan kejadian ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polsek Grogol.

Petugas lantas mendatangi lokasi bersama bidan dan tenaga medis dari Puskemas Grogol. BPBD bersama Polisi melakukan evakuasi terhadap korban. Selain itu juga melakukan evakuasi pohon tumbang.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan setelah mendapat laporan ada angin ribut dangan korban jiwa, langsung mengerahkan tim SAR dan BPBD ke lokasi.

“Diketahui akar pohon memang sudah lapuk, hingga akhirnya tumbang menimpa rumah korban. Menurut keterangan sksi usai angin reda sempat terdengar minta tolong korban, namun saat dievakuai korban yang sedang sakit sudah meninggal,” kata Sri Maryanto.

Sementara di wilayah desa Plumbon, Mojolaban, angin ribut merobohkan sebuah baliho yang lalu menimpa pelajan kaki, Rika warga Laban, Sukoharjo, yang tengah menggendong anaknya.

Meski hanya mengalami luka, dua korban ibu dan anak tersebut nampak trauma dan kini dirawat di klinik.

Atas kejadian ini, BPBD mengimbau agar warga terus mewaspadai angin kencang. Terutama waspada pohon dan bangunan rumah yang rawan tumbang. (fp)

Baca juga: BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem di Jateng Hingga Esok

 

Artikel ini telah tayang di Rmol Jateng dengan judul ‘Angin Ribut Melanda Grogol Sukoharjo, Satu Warga Tewas‘.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait