oleh

Polres Kudus Sudah Siapkan CCTV Lancarkan Tilang Elektronik

Kudus, Mitrapost.com Rencana pemberlakuan system elektronik, Satlantas Polres Kudus siapkan lima kamera pemantau atau CCTV (closed circuit television).

“Hingga kini, kami masih mempersiapkan segala sesuatunya termasuk ketersediaan kamera CCTV yang terpasang di sejumlah titik di jalan raya di Kabupaten Kudus,” kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega melansir Antara Jateng pada Kamis (25/2/2021).

Sementara sebelum persiapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) ini, satlantas telah memasang empat unit kamera CCTV dari Dinas Perhubungan dan satu unit dari Satlantas Polres Kudus.

Dalam penerapannya, satlantas Polres Kudus masih perlu melakukan survei kesiapan perangkat termasuk cara pengoperasiannya serta ada tidaknya kendala jaringan internet agar tilang elektronik berjalan dengan baik.

Baca juga: Ojo Ngelanggar Lur! Polda Jateng Sudah Pasang 27 Speedcam ETLE

Pihaknya juga masih harus menggelar rapat dengan berbagai pihak terkait untuk mendukung kelancaran pemberlakuan ETLE di Kabupaten Kudus.

Dalam pemberlakuan tilang elektronik nantinya, kata dia, tidak perlu lagi menggunakan operator karena sudah ada program yang bisa langsung mendeteksi secara otomatis ketika ada pelanggaran lalu lintas.

“Nantinya, setiap ada pelanggaran yang tertangkap kamera CCTV bisa langsung diketahui karena ada laporan tersendiri dan bisa memantau selama 24 jam tanpa henti. Berbeda jika harus menyiapkan operator, ketika sedang kelelahan atau mengantuk, bisa saja melewatkan pelanggaran yang terjadi,” ujarnya.

Setelah semuanya siap, maka akan diperkenalkan kepada masyarakat bahwa di Kabupaten Kudus akan mulai diberlakukan tilang elektronik. Tanpa ada petugas, ketika terjadi pelanggaran lalu lintas dan tertangkap kamera CCTV akan diberikan tilang.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Putut Sri Kuncoro mengungkapkan Pemkab Kudus membantu dalam hal penyediaan fiber optic sehingga bisa memonitor pelanggaran lalu lintas di setiap lokasi pemasangan kamera CCTV.

Kamera CCTV milik Dishub Kudus yang rencananya dimanfaatkan untuk tilang elektronik, yakni yang terpasang di Perempatan Barongan, Pentol, DPRD, dan Alun-alun Kudus. (fp)

Baca juga: Siapkan Penerapan Tilang Elektronik, Rembang Bakal Berlakukan Pra E-Tilang

 

Artikel ini telah tayang di Antara Jateng dengan judul ‘Satlantas Polres Kudus siapkan 5 kamera pemantau tilang elektronik‘.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait