oleh

Diskominfo: Radiasi Tower Telekomunikasi di Pati Masih Aman

Pati, Mitrapost.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati menegaskan radiasi tower telekomunikasi di Bumi Mina Tani masih aman dan jauh dari ambang batas yang telah ditentukan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Insfrastruktur TIK pada Diskominfo Kabupaten Pati, Nono Harjono mengungkapkan, ketentuan ambang batas radiasi gelombang elektomagnetik bagi manusia yakni 0,5 mW/cm² hingga 1 mW/cm².

“Masih jauh dari ambang batas. Tower-tower di Kabupaten Pati di kisaran 0,0 sekian hingga 0,3. Masih di bawah 0,4,” ujar Nono saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Kamis (25/2/2021) pagi.

Baca juga: Video : Ikuti Arahan Presiden, Karyawan Diskominfo Pati Ikut Vaksinasi

Bahkan ia mengaku radiasi tower-tower telekomunikasi di Kabupaten Pati masih bersahabat dengan manusia dibandingkan dengan radiasi telepon seluler. Apalagi bila sinyal telepon tidak stabil.

“Kalau (telepon) mencari sinyal itu yang banyak radiasinya. Tower jauh, lebih bahaya ini,” kata Nono sambil menunjukkan smartphone miliknya.

Semua bahan yang digunakan untuk membangun tower pun sudah diseleksi oleh pihaknya. Ia tidak akan memberikan rekomendasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk mengeluarkan izin kepada pengusaha apabila tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Video : Diskominfo Pastikan Menara Telekomunikasi di Pati Aman dari Batas Ambang Radiasi

Pihaknya juga terbuka terhadap berbagai keluhan masyarakat, bahkan siap memfasilitasi laboratorium radiasi apabila meragukan radiasi sebuah tower. Jika radiasi dari tower telekomunikasi terkait terbukti membahayakan, pihak provider sudah siapkan asuransi.

“Dari ISP (Internet Service Provider) tower mau dimintakan uji radiasi dan sanggup memberikan asuransi bila ada risikonya,” tandas Nono.(Adv/UH/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait