oleh

Pengaruhi Kesehatan, Jangan Abaikan Kesehatan Gigi Anak

Pati, Mitrapost.com – Plt Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Soewondo, Pirno, melalui dokter Poli Gigi Anak, drg Yunita Karolina,MDSc, Sp KGA mengatakan jika masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota kecil, kurang mempedulikan kesehatan gigi anak.

“Padahal sebetulnya kesehatan gigi anak bila dirawat sejak kecil dengan baik maka pengaruhnya akan besar sampai dewasa nanti,” ujar Yunita saat ditemui Mitrapost.com di RSUD RAA Soewondo, Sabtu (27/2/2021).

Ia pun mengimbau kepada orang tua anak untuk selalu memperhatikan kesehatan gigi anak. Yunita menjelaskan, apabila kesehatan gigi terhadap anak tidak diperhatikan, maka bentuk gigi anak nantinya ketika dewasa akan tidak rata dan membuat fungsi gigi berkurang.

Baca juga: Ada 67 Pasien Covid-19 di RSUD Soewondo Pati

Kebanyakan permasalahan yang pihaknya temui pada kesehatan gigi anak adalah karies atau gigi berlubang. Karies ini ada lantaran anak sering memakan makanan-makanan yang manis.

Maka dari itu, selain memberikan pengobatan, pihaknya juga memberikan edukasi dan menjelaskan kepada orang tua tentang kesehatan gigi pada anak agar terhindar dari gigi berlubang.

“Diharapkan gigi berlubang pada anak ini nanti kita rawat dan tidak serta merta langsung dicabut. Karena kalau kita mencabut terlalu cepat nanti ada pengaruhnya. Tatanan gigi saat dewasa ini juga bisa berantakan,” tuturnya.

Baca juga: Kerabat Dewan Pati Terlantar di RSUD RAA Soewondo, Bagaimana Masyarakat Biasa?

RSUD RAA Soewondo sendiri telah memiliki Ruang Poli Gigi Anak untuk melayani anak yang mempunyai keluhan tentang gigi. Poli Gigi Anak ini mempunyai alat-alat yang lengkap dan sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Poli Gigi Anak ini buka setiap hari Sabtu dengan pendaftaran dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB. Untuk penanganan pasien sendiri dimulai pukul 08.30 hingga selesai. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait