oleh

Tiga Cara Mudah Hilangkan Bintitan di Mata

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Pernah merasakan ada benjolan di kelopak mata? Kondisi itu oleh ahli kesehatan disebut bintitan yang jika dilihat sekilas mirip dengan jerawat. Bintitan atau hordeolum biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, ia bisa muncul baik di bagian luar maupun di bagian dalam kelopak mata.

Meskipun tidak menyebabkan gangguan penglihatan namun gejala seperti mata yang memerah, mata berair, dan kelopak mata yang bengkak serta sedikit nyeri cukup mengganggu.

BPKAD Pati

Munculnya bintitan seperti disebutkan dalam laman Alo Dokter dikarenakan kebiasaan menyentuh mata dengan tangan kotor, tidak membersihkan bekas kosmetik, dan pemakaian lensa kontak yang tidak steril bisa memicu mata mengalami bintitan

Bintitan pada umumnya bisa sembuh tanpa pengobatan khusus, namun cukup berisiko jika terjadi komplikasi.

Baca Juga :   Pemprov Jakarta Usahakan Tidak ada Isolasi Mandiri

Baca juga: Hindari Kondisi Digital Fatigue dengan Detoks Digital

Sebisa mungkin jangan sampai memencet bintitan, sebab seperti halnya jerawat justru akan menimbulkan permasalah lain.

Berikut ini langkah penyelamatan pertama saat mengalami mata bintitan dengan langkah sederhana:

Air hangat

Gunakan air hangat untuk mengompres bagian mata yang terdapat bintitan. Kompres selama sekitar 10 menit serta berikan pijatan lembut.

Gunakan handuk yang sudah direndam menggunakan air hangat dan tempelkan di lokasi bintitan. Efek hangat tersebut akan membantu mengencerkan nanah dan mengempiskan bintitan secara alami.

Baca juga: Bahan-bahan Alami yang Sering Mejeng di Produk Skincare

Tek kantong

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengobati mata bintitan adalah teh kantong hangat. Selain itu the hitam juga disebut memiliki manfaat mengurangi pembengkakan sekaligus mengandung bahan antibakteri yang dapat membantu proses penyembuhan.

Baca Juga :   Tak Hanya Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ampuh Meredam Stres

Seduhlah terlbih dahulu teh kantong menggunakan air panas. Setelah sekitar satu menit, angkat the kantong dan diamkan sebentar sampai tidak terlalu panas lalu tempelkan pada mata yang sedang bintitan selama sekitar 5 hingga 10 menit.

Namun perlu diingat agar tidak menggunakan teh kantong yang sama jika kedua mata mengalami bintitan.

Membersihkan mata

Hal yang wajib agar tidak menimbulkan masalah lain saat mengalami bintitan adalah dengan rajin membersihkan bagian mata yang terinfeksi.

Gunakan air bersih untuk membersihkan area bintitan. Selain itu hindari menggunakan make-up pun lotion mata, dan pemakaian lensa kontak agar infeksi tidak menyebar. (*)

Baca juga: Tips Kacamata Tak Berembun saat Pakai Masker

Baca Juga :   Nikmati Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Berita Terkait