Isra Miraj, Perjalanan Nabi Muhammad ke Langit Ketujuh

Mitrapost.com – Isra Miraj menjadi momen penting bagi umat Islam. Peristiwa ini terjadi pada 27 Rajab di tahun ke delapan kenabian. Pada tahun 2021 Isra Miraj diperingati pada Kamis (11/3/2021) mendatang.

Isra Miraj merupakan peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam.

Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Miraj berarti naik atau diangkat ke Sidratul Muntaha. Di malam itu, Rasulullah bersama Malaikat Jibril melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Lalu, Nabi diangkat ke langit ke tujuh untuk bertemu dengan Allah.

Baca juga: Video : Muhammadiyah Pati Tak Sependapat Ada Sertifikasi Ulama

Baca Juga :   Agar Dimudahkan Menyerap Ilmu, Baca Doa Ini Sebelum Belajar

Perjalanan ini merupakan bentuk hiburan yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad setelah diberikan cobaan berupa ditinggal orang terdekatnya. Istri Nabi, Khadijah dan paman Abu Thalib yang selalu membela Nabi, meninggal dunia.

Selama perjalanan Nabi Muhammad SAW juga dihadapkan dengan berbagai godaan. Godaan pertama, ketika nabi ditawari meminum khamar atau susu, namun Rasulullah lebih memilih susu. Selama perjalanan Nabi Muhammad SAW juga selalu diganggu dengan panggilan dari setan, iblis dan perempuan penggoda.

Sidratul Muntaha di langit ketujuh menjadi akhir perjalanan Nabi Muhammad menerima perintah Allah SWT.

Baca juga: Muhammadiyah Lebih Mengajurkan Bershodaqoh Uang daripada Berqurban