oleh

Jadi Prioritas Vaksinasi, Pedagang Pasar di Surakarta Senang

Surakarta, Mitrapost.com Vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang pasar di Surakarta mulai berlangsung hari ini, Kamis (4/3/2021). Akan tetapi untuk sementara hanya dilakukan untuk pedagang di pasar besar seperti Pasar Klewer dan Pasar Legi.

Berdasarkan pemantauan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, para pedagang Nampak antusias mengikuti vaksinasi di halaman Pasar Klewer.

Salah satu pedagang Pasar Klewer, Sri Mulyani (52) merasa bersyukur mendapat jatah vaksin Covid-19. Apalagi, pemerintah memprioritaskan pedagang pasar sebelum yang lainnya.

“Senang karena sudah diprioritaskan. Soalnya kan kita juga melayani banyak orang, tidak hanya dari daerah sini, tapi dari luar kota juga,” katanya.

Baca juga: Pedagang Pasar di Pati Bakal Divaksin Pekan Depan

Selama ini, Sri mengatakan sangat was-was terpapar Covid-19. Mengingat, pasar menjadi tempat kerumunan banyak orang.

“Tapi mau bagaimana lagi, pekerjaannya cuma itu saja. Tapi sekarang sudah divaksin, jadi sudah lebih tenang,” katanya.

Hal senada disampaikan Rachmawati (57), pedagang pasar lainnya. Ia yang sehari-hari berjualan jenang di Pasar Klewer dan menjadi buruh pasar lebih tenang karena sudah divaksin.

“Ya senang sudah divaksin, alhamdulillah. Semoga nggak sampai ketularan. Sekarang sudah divaksin, jadi lebih tenang. Nanti tinggal nunggu vaksin kedua,” jelasnya.

Ganjar mengatakan senang melihat antusiasme pedagang pasar akan program vaksinasi. Menurutnya, upaya itu bisa dipercepat agar segera selesai.

“Saya harapkan nanti percepatan bisa dilakukan, agar masyarakat lebih nyaman dan lebih aman. Ini Mas Wali (Wali Kota Surakarta), sudah mengoordinasikan dan hari ini sudah berjalan, ditargetkan selesai besok,” ucapnya.

Baca juga: Vaksinasi Dipercepat, KBM Tatap Muka Mulai Juli

Meski sudah divaksin, Ganjar tetap meminta pedagang pasar menjaga protokol kesehatan dengan ketat sampai program vaksinasi selesai dilakukan.

“Ingat ya, meskipun sudah divaksin prokes tetap dipegang. Jangan lengah sampai nanti vaksinasi kedua dan program vaksinasi selesai dilakukan,” tegasnya.

Ganjar optimistis, program vaksinasi untuk pedagang pasar bisa dipercepat. Mengingat antusiasme pedagang yang dilihatnya di Solo sangat tinggi.

“Melihat antusiasme seperti ini, harapan kita di pasar lain bisa kita lakukan. Sehingga, masyarakat semuanya sehat, ndang dodolan maneh (cepat berjualan lagi), seger maneh (kembali sehat),” tutupnya. (*)

Baca juga: Ganjar Minta Bupati/Wali Kota Prioritas Vaksinasi Pada Lansia

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait