Pati Langganan Banjir, Dewan Hingga Aktivis Soroti Hutan Gundul

Pati, Mitrapost.com Sejumlah daerah di Kabupaten Pati menjadi langganan banjir setiap tahun. Hal ini mendapatkan sorotan dari beberapa kalangan. Di antaranya aktivis lingkungan dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati.

Aktivis lingkungan dari Kabupaten Pati, Aziz Wisanggeni, mengungkapkan bahwa persoalan banjir di Pati ini ada di hulu, bukan di hilir, dan bukan karena curah hujan yang tinggi. Menurutnya, hutan yang seharusnya menjadi resapan air tidak bisa berfungsi dengan maksimal.

“Kalau hutan bisa melakukan penyerapan air secara maksimal, maka di situ tidak terjadi banjir. Maksudnya secara maksimal itu di hutan ada pohon, karena salah satu fungsi pohon adalah menjadi serapan air untuk memasukkan air ke dalam perut di Pegunungan Kendeng,” tutur Aziz yang juga seniman di Pati.

Baca Juga :   Pengawasan Perusahaan Tak Berizin di Pati Kurang Optimal

Baca juga: Selain Tambang, Bencana Alam Juga Dipicu Gundulnya Lahan Pohon Jati

“Karena pohonnya tidak ada, alat serapannya tidak ada. Maka air mudah sekali turun ke bawah. Apalagi saat curah hujan yang cukup tinggi,” lanjut Aziz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati