oleh

Pelatihan Manajemen Budidaya Sapi Potong Perlu Dimasifkan

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mendorong Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati memberikan pelatihan manajemen budidaya sapi potong kepada kelompok tani ternak sapi secara berkelanjutan.

Menurut Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI), Narso, pelatihan manajemen budidaya sapi potong merupakan langkah sangat tepat. Pasalnya, masih banyak kelompok ternak di Pati yang masih kekurangan kompetensi dalam membudidayakan peternakan sapi potong.

“Saya mengakui, langkah yang dilakukan Dispertan melalui Bidang Peternakan (yang) memberikan dampak positif bagi pengetahuan dan keterampilan para peternak. Khususnya membudidayakan ternak dari mulai pemeliharaan, pengembangbiakan, kesehatan, asupan makanan, dan pengolahan kotoran,” ujar Narso saat dihubungi, Sabtu (6/3/2021).

Narso mengatakan perlu adanya koordinasi antara Dispertan, Balai Penyuluh Pertanian (BPP), dan kelompok tani ternak untuk meningkatkan potensi peternakan.

Baca juga: Dispertan Pati Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Ternak Sapi Potong

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut juga mengimbau pemerintah memudahkan akses kelompok ternak maupun warga setempat untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh BPP maupun Dispertan.

“Pelatihan ini bisa dimasifkan, dan yang terpenting lebih banyak kelompok yang bisa diberi kesempatan mengikuti pelatihan sejenisnya,” ungkap Narso.

Sebelumnya program pelatihan manajeman budidaya ternak sapi potong pernah dilakukan oleh Dispertan Pati terhadap kelompok tani ternak. Dalam pelatihan materi yang diberikan diantaranya meliputi manajemen budidaya ternak yang mencakup pemeliharaan, reproduksi, kesehatan, pakan dan agribisnis peternakan. Sehingga peternak memperoleh ilmu berupa teori maupun praktik yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga: Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan, Upaya Meningkatkan Produktivitas Ternak

Andi Hirawadi selaku Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Pati menjelaskan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber sesuai bidang masing-masing.

Materi budidaya dan reproduksi dari Seksi Produksi Peternakan, untuk Materi manajemen kesehatan hewan disampaikan oleh dokter hewan, dr. Nur Cahyo dari UPTD Puskeswan Dispertan Pati.

Materi manajemen usaha dan agribisnis disampaikan oleh Halimi yang merupakan pemilik Susfeed Pakan Ternak dari Kecamatan Winong, untuk materi manajemen pakan serta metode pengawetan pakan ternak  oleh Bagus Veli Fillian selaku praktisi  pengolahan pakan dan peternak. (Adv)

Baca juga: Hindari ‘Sapi Makan Sapi’, Peternak Diminta Optimalkan Potensi Pakan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Berita Terkait