oleh

Persaingan CPNS yang Ketat Menguntungkan Rakyat

Pati, Mitrapost.com Pemerintah rencananya akan mengumumkan informasi mengenai pendaftaran CPNS maupun PPPK bulan Maret ini. Ketua fraksi Nurani Keadilan rakyat Indoensia (NKRI) DPRD Kabupaten Pati, Narso, menyambut baik rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan PPPK tahun 2021.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera itu berharap pelaksanaan CPNS nanti berjalan ketat dan minim kecurangan agar masyarakat mendapatkan pegawai yang benar-benar berkualitas.

BPKAD Pati

“Kalau persaingan CPNS ketat, itu kembali yang diuntungkan rakyat. Artinya PNS yang akan melayani mereka bila didapat dari seleksi ketat dan fair maka negara akan mendapatkan sumber daya yang tepat,” ungkap Narso, Sabtu (6/3/2021).

Bocorannya, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK akan dibuka pada April 2021 mendatang. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sistem seleksi calon pegawai negeri sipil (SSCN). Sementara proses seleksi tahap pertama akan dilakukan pada Bulan Juni 2021.

Baca juga: Beri Pelatihan Kerja, UPT BLK Rembang Sediakan 9 Program 

Tahun ini pendaftaran masih melalui website sscn.bkn.go.id. Situs resmi ini membuka pendaftan ASN secara nasional ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah.

Melansir Tribun, instansi pemerintah pusat membuka pendaftaran sebanyak 83.000 tenaga, dengan presentase 50 persen CPNS dan 50 persen PPPK untuk berbagai jabatan sesuai kebutuhan masing-masing instansi.

Sementara pegawai Pemda di luar guru dibutuhkan 189.000 pegawai. Terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru dan 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan. (Adv)

Baca juga: Peluang CPNS Kecil, Memotivasi Pemuda untuk Wirausaha Adalah Keharusan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait