Dorong Pemuda Pati Bertani, Dispertan Buat KUB Petani Milenial

Pati, Mitrapost.com Penyuluh Petani Lapangan Kelompok Jabatan Fungsional (PPL KJF) Kecamatan Batangan, Sudiyanto, mengatakan akan membentuk kelompok usaha bersama (KUB) petani milenial untuk mendorong pemuda untuk bertani.

Hal tersebut dilakukan dalam menyikapi adanya disparitas luas lahan pertanian di Pati yang mencapai 56.000 hektar, sedangkan jumlah petani produktif setiap tahunnya kian menurun.

Dinas Pertanian Pati menganalisa turunnya minat pemuda bertani lantaran sektor pertanian dianggap memiliki penghasilan rendah dan aksesnya terbatas lahan. Asumsi tersebut membuat para pemuda lebih memilih kerja kantoran, PNS, ataupun buruh pabrik.

Baca juga: Upah Buruh Diatas Rata-Rata Nasional, Pati Kekurangan Petani Muda

Dengan maksimalisasi pengelolaan KUB yang berdaya profit tinggi Dispertan Pati berharap sektor pertanian bisa dipandang sebagai sektor yang menjamin kesejahteraan.

Baca Juga :   Madrasah di Pati Dikukuhkan Menjadi Ter-Produktif di Jawa Tengah

“Kita harapkan adanya suatu KUB dari petani milenial, mudah-mudahan bisa dijembatani desa dan ketua Gapoktan untuk mengumpulkan petani milenial. Supaya bisa mengarahkan mereka bagaimana mereka tidak ke industri pabrik tapi bisa kembali ke desa, untuk mengupayakan petanian kita, produktivitas produk pertanian supaya tidak kalah dengan buruh pabrik,” kata Sudiyanto, Selasa (9/3/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati