oleh

Pemerintah Siapkan Skema KUR untuk Alumni Program Prakerja

Mitrapost.com Pemerintah tengah menyiapkan skema kredit kepada alumni program Kartu Prakerja yang memilih menjadi wirausaha. Akan tetapi fasilitas hanya diperuntukkan bagi alumni yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) di masa pandemi Covid-19.

Melansir Detik.com Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan pemberian kredit murah kepada alumi Kartu Prakerja akan melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

KUR merupakan kredit atau pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada debitur individu, badan usaha dan atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

“Statistik Manajemen Kartu Prakerja menunjukkan bahwa 35% penerima Kartu Prakerja yang dulunya tidak bekerja kemudian menjadi bekerja di mana 17%-nya menjadi wirausaha,” kata Denni dalam keterangan resminya yang dikutip, Sabtu (6/3/2021).

Program Prakerja saat ini sudah sampai di gelombang 13. Pada batch 1-11tercatat sudah ada 5,98 juta orang ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja, dengan 5,23 juta orang di antaranya sudah menerima insentif. Sedangkan jumlah alumni terdapat kurang lebih 19,5 ribu yang menyatakan diri sebagai wirausaha.

“Data ini kami berikan kepada Kemenko Perekonomian untuk menjadi program lanjutan atau program graduasi bagi penerima Program Kartu Prakerja pasca mereka menjadi wirausahawan,” ujarnya.

Baca juga: Peluang CPNS Kecil, Memotivasi Pemuda untuk Wirausaha Adalah Keharusan

Program KUR ini merupakan tindak lanjuk dari arahan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendorong skema pemberdayaan ekonomi masyarakat berkelanjutan.

Berdasarkan arahan tersebut, sudah dilakukan pula penandatanganan berita acara serah terima data wirausaha alumni peserta program Kartu Prakerja yang terkena PHK pun digelar sebagai bentuk dukungan kepada alumni Kartu Prakerja yang terkena PHK untuk dapat memperoleh KUR Super Mikro.

Di sisi lain, adanya pemberdayaan alumni program program Kartu Prakerja diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu pertumbuhan wirausaha nasional sehingga dapat mencapai target yang dicanangkan dalam RPJMN tahun 2020-2024 yaitu rasio kewirausahaan nasional sebesar 3,9%; dan pertumbuhan wirausaha baru sebesar 4% pada tahun 2024. (fp)

Baca juga: 49 Turunan UU Cipta Kerja Jadi Panduan Perusahaan di Rembang

 

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul ‘Kabar Gembira! Alumni Program Kartu Prakerja Bakal Dapat KUR‘.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait