oleh

Ketahui Penyebab dan Cara Mudah Atasi Selulit di Tubuh

Mitrapost.com – Selulit adalah guratan menyerupai kulit jeruk yang umumnya terlihat pada paha, lengan, pinggul, bokong, dan perut. Kondisi yang lebih parah adalah membuat kulit tampak bergelombang. Selulit sering menjadi keluhan karena mengganggu penampilan.

Selulit disebabkan oleh bermacam-macam dan sulit untuk dicegah. Mulai dari tumpukan lemak  Meski demikian, selulit dapat disamarkan dengan beragam cara dari alami hingga perawatan medis. Selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan ikat yang menyambungkan kulit dengan lapisan otot di bawahnya.

Tumpukan lemak ini mendorong kulit ke atas, sementara jaringan ikat terus menahannya. Kondisi inilah yang menyebabkan permukaan kulit tampak bergelombang dan tidak rata. Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko mengalami selulit diantaranya:

Baca juga: News Grafis : Manfaatkan Kotoran Sapi, Poktan Rukun Mulyo Buat Pupuk Organik

  1. Jenis kelamin

Walau bisa dialami oleh siapa saja, wanita lebih berisiko mengalami selulit dibandingkan pria. Hal ini disebabkan oleh struktur jaringan ikat wanita yang lebih mudah terisi dan diregangkan oleh lemak.

  1. Hormon

Hormon juga merupakan salah satu penyebab selulit. Hormon estrogen, insulin, tiroid, prolaktin, dan noradrenalin adalah hormon yang berperan dalam terbentuknya selulit.

Pada wanita, hormone esterogen memiliki peran dalam mengatur penyimpanan lemak tubuh yang akan dibutuhkan selama masa kehamilan dan persalinan. Ini menyebabkan lemak secara alami menumpuk di payudara, paha, dan bokong.

Baca juga:  Jadi Bahan Kosmetik, Ini Dia Manfaat Alami Lidah Buaya untuk Kecantikan

  1. Genetik

Faktor genetik juga merupakan salah satu penyebab selulit. Bila anggota keluarga Anda ada yang memiliki selulit, risiko kamu untuk mengalami selulit akan lebih besar. Hal ini karena genetik dan etnis seseorang menentukan laju metabolisme dan distribusi lemak.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait