Luas Lahan Produktif di Kayen Berkurang Hingga 200 Hektare

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati mencatat luas lahan produktif pertanian di Kecamatan Kayen berkurang hingga 200 hektare.

Menurut Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kayen, Susilohadi, luas seluruh wilayah lahan di Kecamatan Kayen seluas 9.603 hektare. Yakni dengan komoditas meliputi padi, jagung, kacang hijau, kedelai, tebu, dan kapuk randu.

Sedangkan berdasarkan data pembaruan luas lahan sawah yang dicatat oleh Dispertan Pati bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Pada tahun 2019, lahan sawah produktif ada seluas 4.937 hektare sedangkan data terbaru terdapat 4.737 hektare.

Berkurangnya lahan prooduktif tersebut disebabkan karena adanya alih fungsi lahan pertanian menjadi area pembangunan. Seperti pembangunan kandang peternakan, gudang penyimpanan kapuk, bahkan permukiman penduduk.

Baca Juga :   Dinkop UMKM Kabupaten Pati Resmi Tutup Pendaftaran BPUM Gelombang 3

Baca juga: Tak Peroleh AUTP, Lahan Puso di Kecamatan Kayen Kena Blacklist

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati