Kebersihan Kandang Faktor Pengaruhi Kesehatan Hewan

Pati, Mitrapost.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, dr. Nur Cahyo mengungkapkan bahwa permasalahan hewan ternak yang saat ini sering terjadi adalah kesehatan hewan.

Menurutnya, musim penghujan banyak wabah penyakit yang menyerang dan menginfeksi hewan ternak.

“Masalah yang menimpa kelompok ternak adalah serangan penyakit pada hewan. Sehingga hal ini semakin membuat para peternak ruminansia (sapi, kambing, dan domba) maupun unggas (ayam, itik, burung) kerepotan menghadapi kondisi ini,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Dorong Pemuda Pati Bertani, Dispertan Buat KUB Petani Milenial

Selain itu, faktor yang menyebabkan hewan terserang penyakit disebabkan karena kondisi kandang yang lembab dan kotor. Sehingga keadaannya memungkinkan bakteri dan virus bersarang di sekitar hewan tersebut.

Baca Juga :   BPP Margorejo Masifkan Gerakan Pengendalian Hama Tikus

“Saya mengingatkan kepada para peternak hewan ruminansia maupun unggas. Supaya mereka memelihara kebersihan kondisi kandang. Sehingga hewan ternak terhindar dari resiko penyakit,” ungkap Nur Cahyo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati