oleh

Kebersihan Kandang Faktor Pengaruhi Kesehatan Hewan

Pati, Mitrapost.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati, dr. Nur Cahyo mengungkapkan bahwa permasalahan hewan ternak yang saat ini sering terjadi adalah kesehatan hewan.

Menurutnya, musim penghujan banyak wabah penyakit yang menyerang dan menginfeksi hewan ternak.

“Masalah yang menimpa kelompok ternak adalah serangan penyakit pada hewan. Sehingga hal ini semakin membuat para peternak ruminansia (sapi, kambing, dan domba) maupun unggas (ayam, itik, burung) kerepotan menghadapi kondisi ini,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Dorong Pemuda Pati Bertani, Dispertan Buat KUB Petani Milenial

Selain itu, faktor yang menyebabkan hewan terserang penyakit disebabkan karena kondisi kandang yang lembab dan kotor. Sehingga keadaannya memungkinkan bakteri dan virus bersarang di sekitar hewan tersebut.

“Saya mengingatkan kepada para peternak hewan ruminansia maupun unggas. Supaya mereka memelihara kebersihan kondisi kandang. Sehingga hewan ternak terhindar dari resiko penyakit,” ungkap Nur Cahyo.

Dalam upaya mengatasi permasalahan yang dialami peternak hewan, Puskeswan Dispertan Pati menyediakan pelayanan kesehatan hewan.

Baca juga: News Grafis : DPRD Dukung Langkah Dispertan Tingkatkan Produktivitas Petani Tembakau

“Kami menyediakan layanan pemeriksaan hewan secara rutin sesuai jadwal masing-masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP). Kami menempatkan dokter hewan ke masing-masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP) agar mereka stand by memberikan tindakan kepada hewan ternak di masing-masing kecamatan di Kabupaten Pati,” ungkapnya.

Menurutnya, peranan dokter hewan di masing-masing kecamatan sangat dibutuhkan. Karena kesadaran peternak masih minim akan pengetahuan kesehatan ternak. Ia menghimbau apabila sering muncul gejala penyakit. Sebaiknya peternak berkoordinasi dengan dokter hewan terdekat. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Berita Terkait