oleh

Ganjar Minta Kelengkapan Sarpras Diperhatikan untuk PTM

Salatiga, Mitrapost.com Ganjar Pranowo mengecek persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah sekolah di Kabupaten Salatiga, diantaranya di SMAN 2 Salatiga, SMKN 1 Salatiga, SMPN 6 Salatiga dan SDN Dukuh 01 Salatiga, Rabu (17/3/2021). Pada kesempatan itu ia mengimbau pihak sekolah mengecek keamanan disinfektan.

Ganjar mengecek secara detail semua sarana prasarana terpenuhi untuk sekolah menggelar pembelajaran tatap muka. Di SMAN 2 Salatiga, Ganjar sampai mengecek semburan cairan disinfektan yang terpasang di depan pintu gerbang sekolah.

“Ini cairannya pakai apa, sudah dipastikan apa belum cairannya aman untuk siswa,” tanya Ganjar kepada kepala sekolah setempat.

Kepala sekolah SMAN 2 Salatiga, Muhammad Sahli langsung mendatangi Ganjar. Ia mengatakan tidak tahu cairan apa yang digunakan untuk menyemprot itu.

“Tidak tahu pak, nanti saya cek,” katanya.

Baca juga: Pemprov Jateng Siapkan Ketentuan Sekolah Tatap Muka

Ganjar kemudian memanggil Kepala Dinas Kesehatan Kota Salatiga dan menanyakan cairan apa yang digunakan. Kepada Ganjar, Kadinas Kesehatan Salatiga, Siti Zuraidah mengatakan, cairan disinfektan yang banyak digunakan masyarakat adalah klorin.

“Sebagian besar cairan disinfektan yang digunakan selama ini adalah klorin. Tapi yang ini saya belum tahu pak, nanti saya cek,” ucapnya.

Ganjar langsung meminta kepala sekolah mematikan semprotan cairan disinfektan yang belum diketahui pasti keamanannya itu. Ia meminta pihak sekolah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

“Ini mesti clear betul, konsultasikan dengan Dinas Kesehatan. Tolong Dinkes dicek ini cairannya apa, pastikan aman. Sebab kalau tidak, dan ini ada zat yang berbahaya, saya khawatir nanti akan jadi penyakit. Tolong ini dipastikan, sementara dimatikan saja,” tegasnya.

Baca juga: Covid-19 Melandai, Hartopo Izinkan Simulasi PTM di Zona Hijau

Kepala sekolah SMAN 2 Salatiga, Muhammad Sahli membenarkan belum mengecek keamanan cairan disinfektan yang digunakan. Pihaknya akan langsung mengevaluasi dan berkoordinasi dengan Dinkes setempat.

“Nanti kami coba uji laboratorium, agar nanti diketahui, sehingga alatnya dipastikan sehat dan aman,” terangnya.

Selain memastikan sarana prasarana sekolah dalam kesiapannya menghadapi pembelajaran tatap muka, kedatangan Ganjar ke sejumlah sekolah di Salatiga itu juga untuk memastikan semua orang tua siswa mengizinkan anaknya belajar tatap muka. Untuk itu, dirinya berdialog dengan sejumlah orang tua siswa dan beberapa siswa yang hadir, untuk memastikan itu.

“Dan tadi jawabannya hampir semua diizinkan. Tapi tetap saya meminta pihak sekolah membuat surat pernyataan yang ditandatangani orang tua siswa agar semua aman dan nyaman. Dari hasil pantauan saya ini, alhamdulillah semua berjalan bagus, karena selain sekolah siap, ada tim asesor yang selalu melakukan pengawasan ketat,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Semarang Tunggu Petunjuk Pusat

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait