oleh

Kaum Disabilitas Minta Jadi Prioritas Vaksinasi, Dewan Pati: Kita Koordinasikan

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akan melakukan koordinasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati untuk memastikan pemberian vaksin kepada kaum disabilitas.

Sebelumnya, pada acara Public Hearing yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyandang Disabilitas, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati meminta agar pihaknya menjadi salah satu yang diprioritaskan dalam pemberian vaksin Covid-19.

Menurut Ketua PPDI Kabupaten Pati Suratno kaumnya merupakan salah satu golongan yang rentan terhadap penularan virus corona.

Baca juga: Raperda Penyandang Disabilitas Ditarget Rampung 3 Bulan Lagi

“Kami mohon untuk segera divaksinasi Covid-19,” ujar Suratno dalam acara Public Hearing kepada Komisi D DPRD Kabupaten Pati, akhir pekan lalu.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto berjanji akan melakukan koordinasi kepada Dinkes Kabupaten Pati agar para kaum disabilitas dapat divaksinasi.

Menurut Wisnu, setiap golongan masyarakat akan mendapatkan vaksinasi Coronavirus Disease (Covid-19). Hanya saja mereka tinggal menunggu jadwal dan waktu pelaksanaan.

Baca juga: Kaum Disabilitas Tuntut Pemkab Pati Buat Kartu Identitas Khusus

“Kita koordinasikan. Yang pasti akan dapat bagian vaksin. Tapi akan kami koordinasikan apakah bisa diprioritaskan atau tidak,” tutur Wisnu Wijayanto saat ditemui Mitrapost.com.

Saat ini, pemerintah pusat hingga daerah tengah menjalankan vaksinasi kepada golongan lanjut usia (lansia). Hal ini dilakukan lantaran golongan ini menjadi salah satu golongan yang rentan terhadap virus yang menyerang sistem pernapasan ini.

Sebelum golongan lansia, pemerintah telah melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan, pejabat publik, tokoh masyarakat hingga pelayan masyarakat.

Salah satu golongan yang telah divaksinasi itu adalah anggota DPRD Kabupaten Pati. Sebanyak 50 anggota dewan mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh Puskesmas Pati ini. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait