oleh

KKP Dinilai Tak Berpihak Nelayan, Dewan Pati dan Nelayan Siap Sambangi DPR

Pati, Mitrapost.com Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dinilai tidak berpihak kepada para nelayan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Paguyuban Nelayan Mina Santosa, Heri Budianto.

Dalam audiensi dengan Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati di Ruang Komisi D, Jumat (26/3/2021), Heri mengatakan kapal-kapal anggotanya ditangkapi oleh KKP.

Maka dari itu, pihaknya mengajak anggota DPRD Kabupaten Pati menyambangi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dan KKP.

“Nelayan Pati mengajak DPRD Pati ke DPR RI khususnya Komisi 4 dan KKP,” ujar Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pati Sutarto Oen Thersa saat ditemui oleh para awak media selepas audiensi.

Baca juga: Wadul ke Dewan, Nelayan Pati: Menteri Bangga Tangkap Kapal Rakyat Sendiri

Oen mengatakan para nelayan ini merasa aturan-aturan di KKP soal perizinan, mulai dari Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), SKM (surat keterangan melaut) CIPi dan sebagainya dirasa belum jelas.

“Pada intinya mereka meminta kejelasan masalah wilayah mereka bekerja ke mana saja dan juga suratnya kalau bisa jangan sampai cuman beberapa bulan mati,” tutur Oen.

Oen melanjutkan, para nelayan ini juga meminta kejaksaan soal Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) nomor 59 tahun 2020 untuk dipertegas. Apakah akan direvisi atau tidak.

“Kalau memang direvisi ya direvisi. Kalau diteruskan ya diteruskan jadi para nelayan tidak ngambang dan bekerjanya jadi nyaman,” kata Oen.

Baca juga: Terpeleset Ketika Melaut, Seorang Nelayan Pati Hilang di Perairan Pantai Utara

Menanggapi ajakan para nelayan ini, Oen mengaku akan menyambut dan mengawal para nelayan untuk bertemu dengan DPR RI dan KKP.

“Kami komisi B mendukung para nelayan Mina Santoso ini. Dan kami akan mengawal mereka untuk ketemu dengan komisi 4 dan menteri KKP,” tandas Oen.

Sebelumnya diberitakan, sedikitnya 22 kapal asal Kabupaten Pati diduga ditangkap oleh KKP. Mereka ditangkap lantaran tidak melengkapi dokumen melaut. (Adv)

Baca juga: Nabrak Karang, Enam Awak Kapal Pandu Logistik Masih dalam Pencarian

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait