UMKM Pati Didorong Berintegrasi dengan Pariwisata

Pati, Mitrapost.com – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pati didorong untuk bekerja sama dan mengintegrasikan diri dengan para pelaku industri pariwisata.

Maka dari itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati mengadakan kegiatan Sosialisasi Peta Potensi dan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Pati di Aula Gitrary Perdana Hotel, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara, yakni Kasi Pengelolaan Daya Tarik Wisata pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Pati, Kunardi serta Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pati, Krisno.

Baca juga: BPUM Belum Mampu Dongkrak Produktivitas UMKM

Kunardi mengatakan, pihaknya akan mengolaborasikan para pelaku UMKM dengan pelaku industri pariwisata. “Jadi bidang pariwisata ini bukan hanya tempat pariwisata, melainkan semua yang terlibat dalam industri ini, mulai dari hotel, restoran, rumah makan, daya tarik wisata, hingga seluruh desa wisata,” ujar dia.

Kunardi mengatakan, sektor pariwisata merupakan pasar yang potensial bagi pelaku UMKM Pati. Namun, dia menilai selama ini sektor UMKM dan pariwisata kurang koordinasi.

Dia menyebut, empat desa wisata yang telah diresmikan Bupati Pati Haryanto juga merupakan pasar potensial yang harus dimanfaatkan pelaku UMKM. Keempat desa wisata tersebut yakni Desa Talun Kecamatan Kayen, Desa Tunggulsari Kecamatan Tayu, Desa Bageng Kecamatan Gembong, dan Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal.

“Pesan saya, kalau masuk sektor pariwisata, hal pertama yang harus diperhatikan adalah packaging. Kemasan itu nomor satu, harus bagus, harus menarik. Itu bisa meningkatkan harga juga. Saya contohkan tadi, keripik seharga Rp 11 ribu, kalau sudah masuk hotel atau restoran tentu harganya akan naik. Sehingga keuntungan bisa maksimal,” papar dia.

Baca juga: Dewan Pati Nilai UMKM Terbelenggu Corporate Trap

Senada, Ketua Pokdarwis Pati Krisno mengatakan, pemetaan potensi UMKM pertama kali bisa dimulai dari objek wisata.

Menurut dia, pariwisata merupakan lahan bagus untuk produk UMKM kuliner maupun cinderamata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati