oleh

Lima Sekolah di Pati Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

Pati, Mitrapost.com – Provinsi Jawa Tengah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Senin (5/4/2021). Uji coba PTM ini rencananya berlangsung hingga tanggal 16 April 2021 di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Setiap kabupaten/kota menggelar PTM di lima sekolahan. Awalnya, hanya ada empat sekolahan di setiap kabupaten/kota. Namun, Kantor Kemenag mengusulkan ada penambahan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di setiap daerah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provisi Jawa Tengah, Sunoto, ketika meninjau pelaksanaan uji coba PTM di SMAN 1 Pati, Senin (5/4/2021).

Baca juga: KBM Tatap Muka di Bulan Juli, Dewan: Tunggu Kebijakan Disdik Pati!

“Setiap kabupaten/kota ada 5 sekolahan yang menggelar uji coba PTM. Di Kabupaten Pati sendiri di SMAN 1 Pati, SMKN 1, MAN 1, dan SMPN 3 dan MTS N 1 Pati Winong,” ungkap Sunoto kepada Mitrapost.com.

Sunoto mengatakan setiap hari, sekolah-sekolah ini membuat laporan terkait uji coba PTM. Hasil evaluasi ini untuk menentukan kebijakan PTM di Kabupaten Pati.

Apabila uji coba PTM ini dirasa berhasil, maka tidak menutup kemungkinan adanya pertambahan sekolah atau siswa dalam pelaksanaan PTM. “Bisa mekar, (bisa) tambahan jumlah sekolah di luar sekolah ploting (sekolah yang ditunjuk) setelah uji coba,” tuturnya.

Sunoto mengatakan uji coba di SMA difokuskan di kelas 10 dan berjumlah 30 persen dari kelas 10. Untuk jam pelajaran hanya berlangsung selama dua jam. Setelah selesai murid disuruh pulang langsung dan tidak ada jam istirahat. “Kurang lebih 108 di SMAN 1 ini, kemudian di SMKN 1 Pati kisaran itu karena jumlah siswanya hampir sama.

Dengan adanya uji coba PTM ini diharapkan berhasil dan kepala sekolah yang ditunjuk dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. “Sebagai barometer untuk sekolah-sekolah yang lain,” tandasnya.

Baca juga: KBM Tatap Muka di Bulan Juli, Dewan: Tunggu Kebijakan Disdik Pati!

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pati Haryanto mengapresiasi pelaksanaan uji coba PTM. Ketika meninjau pelaksanaan uji coba PTM di SMAN 1 dan SMPN 3 Pati, Haryanto menilai pelaksaan protokol kesehatan di dua SMA tersebut sudah baik.

“SOP yang dijalankan SMPN 3 Pati dan SMAN 1 Pati ini sudah berjalan baik dan lancar,” katanya.

Dihubungi terpisah, salah satu orang tua murid di Kabupaten Pati, Sumiati mengaku senang dengan adanya uji coba PTM ini. Ia yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga ini berharap PTM segera dilaksanakan. Terlebih untuk sekolah dasar dan sederajat.

Ia mengaku kerepotan dengan kegiatan belajar mengajar secara online yang sudah berjalan selama lebih dari satu tahun. “Mugo-mugo ndang sekolah sing tenan,” harapnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Komentar

Berita Terkait