oleh

Empat Desa di Sukolilo Jalankan Program Pengendalian Hama

Pati, Mitrapost.com Empat desa di Kecamatan Sukolilo tengah fokus melaksanakan program Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) yang diselenggarakan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sukolilo.

Desa tersebut adalah Desa Baleadi, Desa Porang Paring, Desa Wegil, dan Desa Sukolilo. Program POPT diselenggarakn setiap hari pada pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB.

Program tersebut diadakan dengan bekerjasama dengan Petugas POPT dari pengamat hama penyakit (PHP) Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati.

“Kami sedang bekerja sama dengan Petugas POPT-PHP Dispertan Kabupaten Pati untuk melakukan penyuluhan maupun kerja lapangan kepada kelompok tani di ke-4 desa tersebut,” ujar Koordinator BPP Kecamatan Sukolilo, Mudhori, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: BPP Margorejo Masifkan Gerakan Pengendalian Hama Tikus

Menurutnya, program tersebut berguna untuk mengendalikan komoditas tanaman pangan di Kecamatan Sukolilo dari serangan hama. Gerakan tersebut juga dapat membantu petani dalam menangani serangan hama terhadap tanaman budidaya pertanian.

Program tersebut akan dimaksimalkan tidak hanya di kalangan petani, tetapi sekaligus memaksimalkan peranan PPL dalam melakukan penyuluhan tentang pengendalian hama pertanian.

“Kami akan meningkatkan literasi para PPL dan petani agar komoditas tanaman di Sukolilo dapat produktif tanpa ada gangguan,” ujarnya.

Luas areal sawah di Kecamatan Sukolilo mencapai 6.915 hektare dan luas areal tegalan mencapai 4.673 hektare itu kebanyakan ditanami padi, jagung, bawang merah, blewah, melon, tales, dan porang.

Ia menilai jika tanaman bebas dari gangguan hama maka hasil produksi pertanian bisa maksimal dapat terjual dengan baik. (*)

Baca juga: 3GO Dinilai Jadi Wadah Pemasaran Produk Pertanian Organik

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait