Ratusan Ayam Mati Mendadak, Warga Caruban Hanya Bisa Pasrah

Rembang, Mitrapost.com – Terserang wabah aratan, ratusan ayam di Caruban, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang mati. Persisnya di RT 01 RW 03, menjadi daerah yang warganya paling banyak kehilangan ayamnya karena wabah ini.

Ainun Naim (22), salah satu warga RT 1 RW 03 Caruban mengaku, wabah aratan menyebabkan kematian 25 ekor dari 30-an ekor ayam yang ia pelihara. Jika ditaksir, kira-kira ia mengalami kerugian hingga lebih dari Rp3 juta rupiah.

Seturut pengakuannya, ayam yang terserang wabah aratan bisa mati secara mendadak. Umumnya ayam yang sudah terserang wabah ini memiliki ciri-ciri antara lain, mendadak kurus, kotorannya menjadi berwarna putih, kepalanya membiru, dan ada sedikit benjolan di area leher.

Baca Juga :   Desa Sumber Mulyo Bakal Dapat Bantuan Bibit Sapi Lagi

Baca juga: Video : Penyuluhan P4GN, Kodim Rembang Gelar Tes Urine

“Kalau sudah begitu, nggak bisa diapa-apain lagi. Ya sudah mati aja jaminannya,” ujarnya.

Melihat ayam-ayamnya terkapar di kandang, Ainun Naim mengaku hanya bisa pasrah. Pasalnya, menurutnya wabah aratan merupakan wabah tahunan yang pasti terjadi dan menyerang ayam-ayam ternak.

Sebelumnya, ia mengatakan selalu rutin memberikan vitamin terhadap ayam-ayam peliharaannya. Hanya saja dalam kasus ini ketahanan tubuh si ayamlah yang menjadi penentu.

“Bagi ayam yang memiliki ketahanan cukup kuat, pastinya nggak akan terserang dengan wabah aratan. Sebaliknya, bagi ayam yang dengan daya tahan yang rendah, sangat rentan terserang dan mati,” ujarnya.

Baca juga: Penyuluhan P4GN, Kodim Rembang Gelar Tes Urine

Baca Juga :   Enam Rumah di Blora Habis Dilalap Si Jago Merah

Ketika ditanya mengenai tindakan dari pihak perangkat desa, Naim menjelaskan bahwa sejauh ini perangkat desa tidak melakukan tindakan khusus. Misalnya, untuk berkoordinasi dengan pihak Dinas Peternakan dan Pangan Kabupaten Rembang guna melakukan penanganan dan langkah antisipatif.

“Aratan ini wabah tahunan, Mas. Jadi kayak ya sudahlah, memang udah saatnya (ayam-ayam mati). Jadi pihak desa nggak terlalu ambil tindakan,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati