Bacaan Doa Tahlil Lengkap, Latin Beserta Arti

Mitrapost.com– Bacaan tahlil merupakan bacaan yang dibaca umat muslim ketika menyelenggarakan tahlilan.

Tahlilan biasa diselenggarakan, untuk mendoakan arwah dari kerabat yang meninggal, atau acara tertentu.

Tahlilan berasal dari  kalimat لَا إِلَٰهَ إِلَّا ٱللّٰهُلَا إِلَٰهَ إِلَّا ٱللّٰهُ (Laa ilaaha illallah) yang berarti tiada Tuhan selain Allah SWT. Hanya Allah yang patut disembah dan dimintai pertolongan.

Doa tahlil biasa diawali dengan membaca surat Yasin, membaca hadrah, surat Al-Fatihah, dan juga surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Baca Juga: Tiga Waktu Dikabulkannya Doa Saat Ramadan

Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Baqarah (1-5), Al- Baqarah (163), ayat kursi, Al-Baqarah (285-286), Hud (73), dan Al-Ahzab (33).

Baca Juga :   Doa Meminta Jodoh yang Baik dan Setia

Kemudian, dilanjutkan dengan membaca sholawat, hasbalah dan hauqolah, istighfar, tahlil, dan tasbih. Terakhir adalah membaca doa tahlil.

Menyadur dari detik.com, berikut doa tahlil latin beserta artinya

  1. Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillaahi robbil’aalamiin. Hamdasy syaakiriin, handan naa’imiin, hamday yuwaafii ni’amahuu wa yukaafi’u mazzidah, yaa robbanaa lakalhamdu kamaa yan baghii lijalaali waj-hika wa ‘azhiimi sulthoonik. Alloohumma shalli wa shallim ‘alaa sayyidinaa muhammad, wa’alaa aali sayiidinaa muhammad.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, sebagaimana orang yang bersyukur dan orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan pujian yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami, pujian hanyalah untuk-Mu, sebagaimana yang layak akan kemuliaan Zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga baginda.