oleh

Hindari Jual Beli Jabatan, Dinpermades Akan Kawal Seleksi Perangkat Desa

Rembang, Mitrapost.com Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Rembang akan mengawal seleksi perangkat desa.

Seperti diketahui, di Kabupaten Rembang kekosongan posisi perangkat desa saat ini merata di semua kecamatan di Kota Garam.

BPKAD Pati

Dalam mengisi kekososngan tersebut Kepala Dinpermades Sulistiyono telah melakukan sosialisasi ke tingkat kabupaten terkait pemilihan perangkat desa.

“Kemarin tahap pertama kita sosialisasi di tingkat kabupaten, tahap selanjutnya ada beberapa kecamatan yang sosialisasi dan kemudian ada kecamatan yang sudah mampu melaksanakan. Ada beberapa kecamatan yang akan sosialisasi mengundang kami, nanti kami akan turun ke kecamatan,” ungkap Sulistiyono, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Dinpermades Rembang Sosialisasikan Pengisian Perangkat Desa

Pemelihan maupun seleksi perangkat desa akan dilakukan secara menyeluruh kepada pihak desa. Sedangkan dari sisi Dinpermades hanya melakukan pengawasan terkait sesuai aturan atau belum.

“Ya baik itu diregulasi maupun perbup kan ada, ada panitia desa, ada tim pengawas dan tim pengendali kabupaten jadi pelaksanaan semuanya ada di desa. Kita hanya mengendalikan.”

Baca juga; 24 Karyawan PDAM Kudus Dipanggil Sebagai Saksi Kasus Dugaan Jual Beli Jabatan

“Sesuai aturan atau belum, kalau ada yang melenceng-melenceng kita benahi, kita luruskan termasuk di kecamatan. Pak camat di kecamatan nanti sebagai ketua panitia pengawas nanti mengawasi agar sesuai dengan aturan,” imbuhnya.

Terkait tingkat kecurangan, pihaknya mengaku akan terus mengawal mulai dari jual beli perangkat desa. Melalui pengawasan itu, ia berharap kejadian di kabupaten tetangga tidak terulang di Rembang.

“Setiap penyelenggaraan selalu ada titik-titik lemah, titik kerawanan dan lain sebagainya. Makanya kabupaten kita kendalikan, dari kecamatan kita adakan pengawasan jangan sampai ada titik rawan, tidak transparan, jual beli dan lain sebagainya itu kita awasi. Ini pengalaman kita ya, di Blora sudah ada kejadian. Kalau nanti kejadian di Blora terjadi di Rembang nanti kita kawal,” tutupnya. (*)

Baca juga: Seleksi Perangkat Desa di Rembang, Bupati Berharap Terhindar dari KKN

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Komentar

Berita Terkait