Wedarijaksa Jadi Daerah Pemasok Bawang Merah Terbesar di Pati

Pati, Mitrapost.com Kecamatan Wedarijaksa menjadi salah satu daerah dengan komoditas bawang merah terluas di Kabupaten Pati. Yaitu dengan luas lahan kurang lebih 362 hektare.

Menurut Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Wedarijaksa Sri Indah Budi Prakarti, potensi tersebut menjadikan Kecamatan Wedarijaksa mampu memenuhi kebutuhan bawang merah lokal.

Adapun daerah penghasil bawang merah tersebut tersebar di lima desa, yakni Ngurenrejo, Ngurensiti, Bangsalrejo, Sidoarjo dan Pagerharjo.

Akan tetapi, lanjut Sri, luasan lahan pertanian bawang merah di Wedarijaksa cenderung stagnan karena penanamannya membutuhkan perlakuan yang lebih rumit disbanding komoditas padi.

“Kalau bawang merah itu kok stagnan, pergeserannya tidak akan banyak. Dari 362 paling kan tambah 5 hektare. Soalnya bawang merah kan perataniannya tidak seperti padi, butuh spesifikasi lebih karena bawang merah butuh perlakuan beda. Penanaman sayuran beda level jadi memang pemula jarang, yang bermain petani yang sudah main di bawang merah itu,” terang Sri, Rabu (14/4/2021).

Komentar