Cara Mudah Atasi Gigi Sensitif, Lakukan Hal Berikut

Hindari menggosok gigi terlalu keras, terutama di sekitar garis gusi, untuk mencegah luka pada gusi. Setelah menggosok gigi, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela gigi.

  1. Hindari menggemeretakkan gigi

Kebiasaan menggemeretakkan gigi, lama-kelamaan bisa membuat gigi menjadi rapuh dan sensitif. Jika memiliki kebiasaan ini, cobalah gunakan pelindung mulut, terutama saat tidur.

  1. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Batasi makanan dan minuman asam, seperti minuman soda, yoghurt, tomat, dan jeruk, serta makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Makanan dan minuman asam atau manis dapat mengikis email gigi, sehingga membuat dentin gigi terbuka.

Untuk mengantisipasinya, setelah itu, minumlah air putih untuk menormalkan kadar asam di mulut.

Baca Juga :   7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Sebelum Unggah ke Medsos

Baca juga: Tips Mengatasi Sariawan Di Pangkal Lidah

Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam atau gula. Tunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu. Asam membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis saat disikat.

  1. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi

Selain rutin menyikat gigi dan membatasi konsumsi makanan asam, kamu juga perlu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.