oleh

Cara Mudah Atasi Gigi Sensitif, Lakukan Hal Berikut

Mitrapost.com – Sering kali saat menyantap es krim, meminum teh hangat, atau bahkan menyikat gigi, gigi ngilu kerap saja muncul. Hal ini umumnya disebabkan karena kondisi gigi yang sensitif. Untuk mengatasi dan mencegah hal ini terdpaat beberapa cara dan trik yang dapat dilakukan.

Gigi sensitif terjadi Ketika lapisan bawah gigi terbuka, yang membuat akar gigi yang memiliki ribuan saraf kecil menjadi lebih mudah terpapar berbagai rangsangan.

BPKAD Pati

Gigi sensitif atau mudah terasa ngilu dapat disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab gigi sensitif yang cukup sering terjadi, diantaranya: Kebiasaan menyikat gigi terlalu kencang atau menggunakan sikat gigi berbulu kasar, radang gusi atau gusi tertarik, Gigi berlubang, retak, patah, atau terbiasa menggemeretakkan gigi.

Baca juga: Tips Menjalani Puasa Ramadan Hari Pertama dengan Lancar

Dikutip dari alodokter.com, agar gigi terbebas dari rasa ngilu saat mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman, kamu perlu menjaga kesehatan gigi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah gigi ngilu atau gigi sensitif:

  1. Sikat gigi secara rutin

Menyikat gigi 2 kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi mengandung flouride adalah cara paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

Hindari menggosok gigi terlalu keras, terutama di sekitar garis gusi, untuk mencegah luka pada gusi. Setelah menggosok gigi, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela gigi.

  1. Hindari menggemeretakkan gigi

Kebiasaan menggemeretakkan gigi, lama-kelamaan bisa membuat gigi menjadi rapuh dan sensitif. Jika memiliki kebiasaan ini, cobalah gunakan pelindung mulut, terutama saat tidur.

  1. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Batasi makanan dan minuman asam, seperti minuman soda, yoghurt, tomat, dan jeruk, serta makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Makanan dan minuman asam atau manis dapat mengikis email gigi, sehingga membuat dentin gigi terbuka.

Untuk mengantisipasinya, setelah itu, minumlah air putih untuk menormalkan kadar asam di mulut.

Baca juga: Tips Mengatasi Sariawan Di Pangkal Lidah

Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam atau gula. Tunggu sekitar 30 menit terlebih dahulu. Asam membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis saat disikat.

  1. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi

Selain rutin menyikat gigi dan membatasi konsumsi makanan asam, kamu juga perlu memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan atau sesuai jadwal yang disarankan dokter gigi.

Perawatan rutin dan menjaga kebersihan gigi adalah kunci utama untuk mencegah gigi ngilu karena gigi sensitif. Jika masih merasakan gigi ngilu meski telah melakukan beberapa tips di atas, segera konsultasikan keluhan ke dokter gigi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait