oleh

Doa yang Diajarkan Rasul Saat Menjenguk Orang Sakit

Mitrapost.com – Menjenguk orang yang tengah sakit merupakan kebiasaan yang diajarkan Rasulullah kepada umatnya. Salah satu yang dilakukan Rasul saat menjenguk saudara ataupun sahabat yang sakit adalah dengan mendoakan agar segera diberi kesembuhan.

Melansir laman NU Online, Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar ada sebuah doa kesembuhan yang dibaca Rasul untuk keluarganya.

BPKAD Pati

للَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.  

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri.”

Baca juga: Ajaran Imam Annawawi Saat Mengalami Sakit Ringan

Sementara dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan At-Tirmidzi Rasulullah menganjurkan membaca doa berikut sebanyak tujuh kali dihadapan orang yang sakit.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.  

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar.

Adapun rasa sakit merupakan pengingat bahwa kita harus mensyukuri nikmat sehat yang selama ini kita rasakan. Namun keadaan sakit tak lantas membuat kita mengeluh.

“Dan sesungguhnya kami telah mengutus (para Rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri.” (QS al-An’am: 42) (*)

Baca juga: Sakit Maag, Gejala, Penyebab, Dan mengobati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait