Gagal Panen, Perhatikan 5 Kesalahan Berkebun di Pekarangan

Mitrapost.com – Berkebun menjadi hobi baru sebagian kalangan di masa pandemi. Tak memerlukan lahan yang luas, kegiatan ini juga bisa dilakukan di pekarangan rumah.

Beragam jenis sayuran hingga buah-buahan menjadi pilihan untuk ditanam di pekarangan rumah. Selain mempercantik pekarangan rumah dan penghilang stres, hasil panen berkebun juga bisa dikonsumsi dan tentunya menghasilkan tanaman yang lebih natural bebas dari bahan kimia berbahaya.

Namun, alih-alih memanen hasil tanaman yang berlimpah, sering kali orang malah harus menelan kekecewaan lantaran tanaman mati sebelum sempat dipanen. Banyak orang tak sadar ada kekeliruan yang dilakukan saat berkebun.

Berikut ini beberapa kesalahan yang menyebabkan tanaman di pekarangan rumah mati, Mitrapost.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021).

Baca Juga :   Trik Menurunkan Kadar Kolesterol Usai Lebaran

Baca juga: Tips Menjalankan Puasa bagi Penyandang Diabetes

  1. Menanam terlalu dini

Terburu-buru menanam sayuran bisa berimbas buruk pada pertumbuhan tanaman. Oleh karenanya, hal ini sangat tidak disarankan bagi kalian yang ingin berkebun di pekarangan rumah. Pasalnya, jika menanam benih atau bibit tidak sesuai waktunya dapat berimbas pada pertumbuhan bibit kurus dan lapar.

  1. Memilih lokasi yang buruk

Lokasi turut berpengaruh dalam menentukan kualitas pertumbuhan tanaman. Lokasi yang buruk akan membuat tanaman tumbuh ke sembarang tempat dan dapat mengganggu tanaman sekitarnya. Tak hanya itu, sumber air dan tempat di mana paparan sinar matahari setidaknya 6 jam sehari.

Jika tanaman tak mendapatkan sinar matahari yang cukup akan menhasilkan sedikit buah dan menghasilkan gula yang kurang enak dibandingkan sayuran yang mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup.

Baca Juga :   Keuntungan Mengukus Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Baca juga: Cara Aman Berkebun, Perhatikan Langkah Berikut

  1. Tidak memperhatikan tanah

Kualitas tanah juga turut berperan dalam mendukung pertumbuhan tanaman. Tanah yang baik menampung semua jenis makhluk bermanfaat yang membantu mengubah tanah menjadi Gudang nutrisi yang dapat diakses sekaligus menghambat timbulnya masalah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati