Bolehkah Keramas saat Sedang Puasa?

Mitrapost.com Sebagai rukun Islam, menjalankan puasa Ramadan adalah wajib hukumnya. Puasa merupakan puasa yang membutuhkan kesabaran. Sebab dalam menjalani puasa umat Islam harus menahan baik dari rasa lapar dan haus, serta hal-hal yang membatalkannya.

Selain hal yang membatalkan puasa, umat Islam juga hendaknya menghindari hal-hal yang sifatnya makruh. Dari sini terkadang masih banyak yang mempertanyakan apakah keramas bisa membuat puasa menjadi makruh ataupun batal.

Baca juga: Bahaya Minum Air Dingin Saat Buka Puasa

Melansir laman Konsultasi Syariah dengan pertanyaan sama dijelaskan bahwa orang yang berpuasa boleh melakukan keramas. Namun dengan catatan seseorang mampu menjamin tidak akan menghirup atau membuat air masuk ke mulut atau organ tubuh lainnya saat keramas.

Baca Juga :   Kampung Ramadan Sumohadiwijayan di Kajen Jadi Tempat Andalan Ngabuburit

Hal tersebut berpegang pada hadis dari Abu Bakr bin Abdur Rahman, dari salah seorang sahabat, beliau menceritakan perjalanan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika Fathu Mekah, yang pada saat itu beliau puasa.

كان صلى الله عليه وعلى آله وسلم يصب الماء على رأسه وهو صائم من العطش أو من الحر

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyiramkan air ke atas kepala Beliau ketika sedang puasa, karena kehausan atau terlalu panas. (HR. Ahmad 16602, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).