Meningkatkan Daya Ingat hingga Mencegah Osteoporosis, Berikut Manfaat Daun Kucai

Mitrapost.com – Daun kucai memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk Kesehatan. Berkat beragam nutrisi yang melimpah di dalamnya, daun yang sekilas mirip dengan daun bawang ini bahkan sudah digunakan sebagai pengobatan herbal sejak ribuan tahun silam di Eropa.

Daun kucai merupakan salah satu sayuran yang berasal dari keluarga Allium, bersama dengan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Biasanya daun kucai sering kita temui sebagai hiasan pada hidangan makanan atau tambahan dalam omelet, salad, sup, dan kimchi.

Meski biasanya dikonsumsi dalam jumlah kecil, daun kucai bisa meningkatkan cita rasa sekaligus menambah nilai nutrisi makanan. Manfaat daun kucai untuk kesehatan tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 1 sendok makan daun kucai terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kolin, folat, kalsium, kalium, dan fosfor.

Baca Juga :   Pakai Earphone Saat Tidur Bisa Akibatkan Infeksi Hingga Gangguan Pendengaran

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan

Tak hanya itu, daun kucai juga diketahui mengandung flavonoid, glikosida, dan saponin, serta berbagai senyawa aktif lain yang memiliki sifat antiradang dan antikanker. Dilansir dari alodokter.com, terdapat beberapa beberapa manfaat daun kucai yang bisa didapatkan, diantaranya:

  1. Meningkatkan daya ingat

Kandungan kolin dan folat pada daun kucai bermanfaat untuk menjaga daya ingat, serta mendukung perkembangan fungsi otak yang sehat. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar kolin dan folat yang rendah berisiko lebih tinggi terkena gangguan kognitif.

  1. Mencegah osteoporosis

Daun kucai memiliki kadar kalsium dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah terjadinya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis.