oleh

Tak Hanya Bernilai Ibadah, Salat Tarawih Memiliki Manfaat Kesehatan

Mitrapost.com – Bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang ditungu-tunggu oleh umat muslim. Di masa ini, seluruh umat muslim menjalani ibadah puasa yang mengharuskan untuk menahan lapar dan dahaga.

Satu lagi ibadah yang hanya berlangsung selama Ramadan yakni salat tarawih yang berlangsung tiap malam setelah salat Isya. Salat yang dilakukan sebanyak 11 hingga 23 rakaat ini biasa dilangsungkan secara berjamaah maupun secara sendiri di rumah.

BPKAD Pati

Tak hanya bernilai ibadah, salat tarawih juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir healthgrid, Jumat (16/4/2021) orang yang menjalankan salat tarawih secara rutin setelah berbuka puasa akan mendapatkan limpahan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, kadar gula dalam tubuh akan bertambah setelah berbuka puasa.

Baca juga: Gelar Tarawih dan Doa Bersama, Ganjar Berikan Pesan bagi Masyarakat Jateng

Hal ini berbanding terbalik dengan kadar glukosa dan insulin berada dititik terendah sebelum berbuka. Ketika terjadi lonjakan gula didalam tubuh setelah berbuka puasa, produksi insulin juga akan mengalami peningkatan. Tak hanya itu, hati dan otot pun akan ikut menyirkulasikan glukosa.

Oleh sebab itu, ketika menjalankan salat tarawih proses tersebut akan terbantu. Sebab, glukosa akan dipecah menjadi karbondioksida dan air.

Tak hanya itu, menjalankan salat tarawih juga mempu membakar kalori dalam tubuh yang berlebih, meningkatkan fleksibilitas dan koordinasi, mengurangi respons otonom terkait stres pada orang sehat, dan mengurangi kecemasan serta depresi.

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, Dewan Berharap Salat Tarawih Berjalan Normal

Gerakan lembut yang dilakukan selama salat dapat meningkatkan kebugaran fisik, kesejahteraan emosional dan meningkatkan umur panjang.

Dikatakan bahwa sama seperti salat lima waktu, salat tarawih juga menghasilkan perubahan fisiologis yang sama tanpa efek samping yang tidak diinginkan seperti yang dihasilkan oleh joging atau berjalan dengan kecepatan hampir 5kph.

Karenanya bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, akan lebih baik jika setelah berbuka puasa kita menjalankan salat tarawih setelah menjalankan salat isya.

Nah, begitulah manfaat salat tarawih untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, jangan sampai terlewat!

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait