oleh

Aman dari Banjir, Petani Tambakromo Tak Minat Ikut AUTP

Pati, Mitrapost.com Musim hujan di awal tahun 2021 ini mengakibatkan sejumlah sawah tergenang air banjir. akan tetapi di willayah Kecamatan Tambakromo terhitung aman dari bencana alam tersebut.

Oleh sebab itu Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tambakromo, Ahmad Miftahuniam mengatakan petani di Tambakromo tidak memperoleh Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) tahun 2021.

BPKAD Pati

“Di sini tidak ada lahan pertanian sawah yang terendam banjir. Alhamdulillah di sini aman,” ungkapnya, Senin (20/4/2021).

Ia mengatakan bahwa lahan sawah di Kecamatan Tambakromo memiliki daerah irigasi (DI) yang aman. Sehingga petani tidak perlu merasa khawatir akan adanya potensi banjir yang disebabkan karena luapan DI.

“DI-nya masih mampu menampung debit air. Jadi aman-aman saja,” ucap pria yang akrab disapa Niam.

Baca juga: Pati Dapat Alokasi Asuransi Pertanian Lagi, Sayangnya Minim Peminat

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa petani di daerahnya masih minim minat untuk mendaftar asuransi pertanian karena situasi yang dihadapi tidak berisiko.

Perlu diketahui, kriteria sawah yang mendapatkan AUTP adalah sawah yang rentan terdampak banjir, kekeringan, dan serangan hama.

Kecamatan yang mendapatkan alokasi AUTP tahun ini adalah Kecamatan Sukolilo, Winong, Jakenan, Dukuhseti, Margorejo, Pati, Juwana, dan Kayen.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Dinas Pertanian (Dispertan), Kabupaten Pati mendaptkan alokasi AUTP sebanyak 700 hektare. (*)

Baca juga: Pati Dapat Alokasi AUTP APBD 700 Hektare Tahun Ini

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait