Kenali Penyebab Hypnic Jerk, Rasa Tersentak Saat Tidur

Mitrapost.com Saat tubuh sudah terlelap dalam tidur, terkadang merasakan kaget hingga seolah-olah terjatuh. Kondisi ini disebut dengan hypnic jerk atau myoclonus, yakni tubuh yang mengalami kedutan atau kejang dalam waktu singkat dan tiba-tiba saat dalam keadaan tidur.

Dokter Arina Heldyana dalam laman Klik Dokter menyebutkan bahwa sebagian orang dewasa mengalami hypnic jerk. Gejala yang terjadi bersamaan saat mengalami hypnic jerk adalah merasa seolah-olah terjatuh, detak jantung meningkat, pernapasan cepat, berkeringan, dan bermimpi tentang terjatuh.

Kondisi tiba-tiba tersentak saat sedang tidur ini rupanya ada pemicunya. Biasanya orang dengan gangguan medis tertentu lebih banyak berpotensi mengalaminya, namun tak menutup kemungkinan orang yang sehat pun mengalami hypnic jerk.

Berikut ini penyebab orang mengalami hypnic jerk menurut dr. Arina:

Baca Juga :   Bahaya yang Mengintai Akibat Main HP Menjelang Tidur

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Terbangun di Malam Hari

Cemas dan stres

Padatnya load pekerjaan ditambah kesibukan lainnya bisa membuat seseorang merasa tertekan hingga mengakibatkan otak dan pikiran merasa cemas dan stres. Kondisi cemas dan stres berlebih membuat otak tetap terjaga meski bagian tubuh laih sudah masuk dalam tahap relaksasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati