oleh

Kenali Penyebab Hypnic Jerk, Rasa Tersentak Saat Tidur

Mitrapost.com Saat tubuh sudah terlelap dalam tidur, terkadang merasakan kaget hingga seolah-olah terjatuh. Kondisi ini disebut dengan hypnic jerk atau myoclonus, yakni tubuh yang mengalami kedutan atau kejang dalam waktu singkat dan tiba-tiba saat dalam keadaan tidur.

Dokter Arina Heldyana dalam laman Klik Dokter menyebutkan bahwa sebagian orang dewasa mengalami hypnic jerk. Gejala yang terjadi bersamaan saat mengalami hypnic jerk adalah merasa seolah-olah terjatuh, detak jantung meningkat, pernapasan cepat, berkeringan, dan bermimpi tentang terjatuh.

Kondisi tiba-tiba tersentak saat sedang tidur ini rupanya ada pemicunya. Biasanya orang dengan gangguan medis tertentu lebih banyak berpotensi mengalaminya, namun tak menutup kemungkinan orang yang sehat pun mengalami hypnic jerk.

Berikut ini penyebab orang mengalami hypnic jerk menurut dr. Arina:

Baca Juga :   Bahaya yang Mengintai Akibat Main HP Menjelang Tidur

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Terbangun di Malam Hari

Cemas dan stres

Padatnya load pekerjaan ditambah kesibukan lainnya bisa membuat seseorang merasa tertekan hingga mengakibatkan otak dan pikiran merasa cemas dan stres. Kondisi cemas dan stres berlebih membuat otak tetap terjaga meski bagian tubuh laih sudah masuk dalam tahap relaksasi.

Otak yang aktif itu akan mengirimkan sinyal waspada pada tubuh, sehingga memungkinkan tubuh terbangun dalam keadaan kaget saat tidur.

Kurang tidur

Lebih lanjut dr.Arina menjelaskan bahwa memiliki waktu tidur yang kurang bisa memicu seseorang mengalami kaget saat tidur.

Sebab jika waktu tidur kurang sangat berkemungkinan untuk mengalami insomnia. Dalam kondisi ini, tubuh akan merasa lelah, tapi pikiran masih aktif. Hal ini membuat tubuh kurang relaksasi pada otak sehingga bisa membuat orang mengalami hypnic jerk.

Baca juga: Bahaya Tidur Setelah Sahur Dari Segi Kesehatan dan Agama

Baca Juga :   Si Kecil Biji Bunga Matahari Kaya Lemak Sehat Cegah Konstipasi

Waktu olahraga mepet waktu tidur

Sebagian orang mungkin lebih memilih olahraga di malam hari, sebab ketika tubuh merasa lellah setelah olahraga bisa langsung mengistirahatkan tubuh.

Sayangnya, olahraga mepet dengan waktu tidur justru membuat tubuh menjadi lebih tegang dan membuat otak menjadi aktif. Kondisi ini bisa memicu rasa tersentak saat tidur.

Meski demikian, hypnic jerk bisa dihindari dengan membiasakan mengurangi asupan kafein. Kafein pada kopi dan the dapat membuat jantung berdebar sehingga membuat tubuh aktif. Selain itu, biasakanlah olahraga dan memilih waktu olahraga yang tidak mepet waktu tidur. (*)

Baca juga: Sudah Makan Malam tapi Kelaparan Saat Bangun Tidur, Kenapa?

 

Baca Juga :   Kenali Penyebab Pusing Ketika Bangun Tidur

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait