Kerusakan Akibat Galian C Tak Sebanding dengan Keuntungan

Pati, Mitrapost.com – Bupati Pati Haryanto mengeluhkan dengan dampak kerusakan galian C yang ada di wilayahnya. Menurutnya, kerusakan akibat tembang galian C tak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak mineral bukan logam dan bebatuan (minerba) atau tambang galian C hanya diproyeksikan mencapai Rp150 juta pada tahun 2021 ini.

Pada triwulan pertama, yakni hingga tanggal 31 Maret 2021, pajak minerba ini telah terealisasi Rp94,329 juta atau 62,89 persen.

Baca juga: Video : Pati Peringkat Dua Juara Popda Virtual Jateng 2021

Menurutnya, nilai proyeksi PAD dari minerba ini terlalu sedikit dibandingkan kerugian yang ditimbulkan dari aktivitas tambang galian C. Selain dapat merusak alam, aktivitas tambang ini juga kerap membuat jalan rusak parah. Kerukanan akibat aktivitas tambang ini, tutur Haryanto, mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga :   Hadiri Gema Sholawat di Tlogoharum, Haryanto Resmikan Menara Masjid Baiturrahman  

“Perlu kita cermati, dari pajak minerba ini pemerintah daerah dapat uang cuma Rp 150 juta, tapi kerusakannya senilai miliaran. Bisa dilihat, jalan antara Sukolilo-Prawoto rusak parah dilewati dump truck,” ujar Haryanto dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan 1 di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (20/4/2021) lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati