oleh

Cara Alami Membuat Bunga Kering dengan Memanfaatkan Angin

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Dried flower atau bunga kering tengah digandrungi banyak kalangan dewasa ini. Selain digunakan untuk mempercantik ruangan, bunga kering juga kerap digunakan sebagai properti pemotretan.

Bunga kering banyak dipilih karena bisa digunakan berulang kali, bahkan dibuat secara mandiri. Caranya pun terbilang gampang dan cukup beragam. Salah satunya adalah membuat dried flower secara alami dengan mengandalkan panas matahari dan angina.

BPKAD Pati

Nah, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

Petik bunga yang diinginkan

Pilih jenis bunga yang kamu inginkan, tapi lebih baik gunakan jenis bunga yang masih kuncup dan baru mulai mekar agar kelopaknya tidak mudah patah. Pastikan bunga yang kamu pilih memiliki kualitas yang terbaik dan bebas dari hama. Sebab bunga yang tidak sehat akan mudah rusak setelah pengeringan.

Baca Juga :   Aku Pernah Menolak Yang Datang Hanya Karna Mempertahankan Yang Ingin Pergi

Kalau bingung dengan pilihan bunganya, cobalah bunga krisan, mawar, baby breath, atau amaranth. Agar lebih aman potong tangkai bunga agak panjang ya, supaya memudahkan saat proses pengeringan dan mudah ditata.

Baca juga: Omzet Jual Bunga Tabur Meningkat di Ramadan Tahun Ini

Bersihkan daun

Hilangkan daun dari setiap tangkai dan pisahkan bunga berdasarkan jenisnya. Bunga berukuran besar seperti mawar dan hortensia lebih baik dikeringkan secara terpisah agar hasilnya lebih maksimal.

Ikat dan gantungkan

Setelah membersihkan dan dipisah berdasarkan jenis bunganya, ikatlah bunga dengan karet gelang atau tali lainnya. Setelah diikat barulah digantungkan secara terbalik.

Simpan bunga di tempat yang kering gelap, dan hangat agar tidak membuat bunga busuk dan meminimalkan pemudaran warna.

Baca Juga :   Berbagai Kuliner Lebaran Lintas Nusantara

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Ampuh Usir Nyamuk

Proses pengeringan

Proses pengeringan bunga biasanya berlangsung antara 2 hingga 4 minggu. Akan tetapi ada juga yang memerlukan waktu yang lebih lama, tergantung kondisi ruangan.

Untuk mendapatkan tangkai bunga melekuk secara alami, rendamlah tangkai bunga dalam air hingga menjadi lembut, lalu tekuk sesuai keinginan dan tahan beberapa lama hingga tangkai memiliki bentuk sesuai keinginan.

Awetkan bunga

Proses ini hanya opsional saja, namun akan lebih baik jika dilakukan. Gunakan floral sealer atau pelapis bunga untuk menjaga bentuk bunga. Atau bisa juga menggunakan hair spray agar kelopak bunga tidak mudah gugur.

Semprotkan tipis-tipis floral sealer atau hair spray pada kelopak bunga. Setelah benar-benar kering, maka bunga kering sudah siap digunakan untuk mendekor ruangan, atau pemanis foto produk. (*)

Baca Juga :   Warga Mencolo Juwana, Sulap Sepeda Rongsok Jadi Sepeda Lipat Touring Seharga Jutaan Rupiah

Baca juga: 5 Tanaman Hias Bisa Mengancam Bahaya Jika Diletakkan di Dalam Rumah

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait