Lalapan Daun Kenikir dan Manfaatnya Mencegah Hipertensi

Mitrapost.com Daun kenikir yang kerap dimanfaatkan sebagai lalapan rupanya memiliki beragam manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini diketahui dapat mencegah penyakit tertentu, seperti diabetes.

Sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin dan mineral serta sejumlah nutrisi seperti serat pangan, beta karoten, zink, kalium dan natrium, vitamin B1 dan vitamin B2, fosfor dan kalsium.

Dalam laman Hello Sehat, daun kenikir yang diolah dengan tepat dapat memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh yakni:

Mencegah hipertensi

Daun kenikir yang juga dikenal sebagai daun ulam raja ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam Journal of Research in Medical Science disebutkan bahwa ekstrak daun kenikir dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jatung pada hewan uji coba.

Baca Juga :   Alasan Ibu Hamil Rentan Tertular Virus Corona

Hal ini karena daun kenikir memiliki efek diuretik yang meningkatkan pembuangan garam dari dalam tubuh. Menurut hasil uji coba, efek diuretik yang dimiliki oleh daun kenikir hampir setara dengan efek diuretik dari obat-obatan antihipertensi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati