Berbagai Kuliner Lebaran Lintas Nusantara

Mitrapost.com Bulan Ramadan 1442 Hijriah sudah memasuki separuh bulan. Saat ini mungkin persiapan untuk menyambut lebaran juga sudah mulai dipersiapkan. Di hari spesial lebaran itu, makanan khas lebaran juga disediakan.

Di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau juga memiliki makanan khas lebaran masing-masing. Jika makanan khas lebaran paling umum adalah opor ayam, sepertinya kamu juga perlu tahu kuliner lebaran lintas nusantara.

Gulai Nangka Medan

Kuliner khas Medan ini menggunakan bahan utama nangka muda. Biasanya gulai nangka disajikan dengan lontong atau ketupat. Rasanya yang gurih pedas ini bisa dicoba untuk mengobati rindu kampung halaman karena tahun ini enggak boleh mudik.

Baca Juga :   Mudik Libur Nataru, Jangan Lupa Berbekal Doa Ini

Baca juga: Pekan Kuliner Nusantara, Apresiasi Produk Makanan Lokal Perempuan Rembang

Kellapate Madura

Makanan santan akrab sekali menjadi sajian makanan saat lebaran. Tak tertinggal menu khas Madura, kellapate.

Kellapate dibuat dengan menjadikan ikan tenggiri segar yang dimasak dengan santan. Masakan ini dipadukan dengan belimbing wuluh dan potongan cabai.

Semur Betawi

Hampir mirip rendang dari Padang, semur Betawi menggunakan bahan utama daging sapi yang dimasak dengan bumbu tumis dan bumbu pelumurnya. Semur daging Betawi sangat cocok disantap dengan nasi uduk atau ketupat sayur.