Penyebab Tangan Mengalami Tremor

Mitrapost.com Pernah mengalami tangan yang tiba-tiba bergetar? Tangan gemetar tersebut dalam dunia medis dikenal sebagai tremor.

Kondisi ini dapat terjadi karena adanya pergerakan atau kontraksi otot yang menimbulkan osilasi (getaran ritmis tanpa ada unsur kesengajaan atau tanpa disadari).

Menurut James Bernheimer, seorang ahli saraf dari The Neurology Center, Baltimore mengatakan bahwa setiap tubuh manusia memiliki getaran alami setiap saat. Kondisi ini dikenal sebagai tremor fisiologis. Kondisi tremor fisiologis bisa dalami ketika merentangkan kedua tangan atau melakukan aktivitas yang cukup detail seperti memasukkan benang pada jarum.

Selain pada tangan, tremor juga bisa terjadi pada bagian tubuh lain seperti lengan, kepala, wajah, kaki, bahkan suara.

Melansir laman Klik Dokter, tremor secara alami biasanya disebabkan karena rasa gugup. Namun kondisi tremor dapat dipicu oleh beberapa kondisi kesehatan tertentu, yakni:

Baca juga: Penyebab Tekanan Darah Rendah Serta Cara Mengatasi

Gula darah rendah

Saraf dan otot membutuhkan tenaga dari gula darah. Jika keduanya tidak mendapatkan cukup gula akibat gula darah rendah atau hipoglikemia, tangan akan gemetar. Segera tingkatkan gula darah untuk mengatasinya dengan konsumsi 15-20 gram gula.

Gangguan otak

Tubuh yang mengalami stroke atau cedera otak traumatis juga bisa mengakibatkan otot-otot di tangan gemetar. Untuk menghindari gejala yang lebih buruk lagi, menjauhi konsumsi kafein dan nikotin sangat disarankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati