oleh

Tips Jalin Silaturahmi saat Lebaran Secara Online

Mitrapost.com – Tahun ini, pemerintah mengeluarkan larangan mudik hari raya Idulfitri 1442 H lantaran pandemi Covid-19 di Indonesia masih merajalela. Imbasnya, masyarakat tidak bisa pulang kampung dan menjalin silaturahmi secara langsung dengan sanak saudara.

Silaturahmi dengan kerabat serta sanak saudara menjadi salah satu tradisi lebaran yang tak bisa dihilangkan. Pasalnya, Idulfitri sebagai hari kemenangan menjadi momen untuk saling memaafkan antara umat muslim satu dengan yang lainnya.

BPKAD Pati

Kecanggihan teknologi menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Silaturahmi juga bisa terjalin melalui media virtual.

Berikut ini tips silaturahmi secara online.

  1. Melalui panggilan video

Panggilan video menjadi alternatif yang bisa dilakukan saat tak bisa menjalin silaturahmi secara langsung. Melalui panggilan video, kamu bisa tetap terhubung langsung dengan teman, kerabat, dan orang-orang tersayang yang tengah berada di luar daerah.

Sejumlah aplikasi juga tersedia untuk melakukan panggilan video, seperti WhatsApp. Ini merupakan sakag satu aplikasi yang bisa digunakan jika kamu ingin berkomunikasi dengan beberapa orang dalam lingkup kecil.

Namun, jika kamu ingin menjalin silaturahmi dengan orang banyak bisa menggunakan aplikasi video conference seperti salah satunya Zoom.

Baca juga: Tips Mudah Buat Hiasan Bunga Kering

  1. Kartu lebaran digital

Silaturahmi juga bisa terjalin melalui kartu lebaran digital. Kamu bisa mengirimkan kartu lebaran melalui media sosial.

Berbagai macam aplikasi kartu lebaran tersedia di Play Store. Bisanya aplikasi tersebut menyediakan format ucapan lebaran tertentu dengan bingkai beragam yang cantik dan unik. Kamu bisa mengekspresikan diri kamu melalui kartu lebaran digital untuk orang-orang tercinta.

  1. Stiker media sosial

Kirim stiker atau Gift melalui media sosial tengah populer di kalangan masyarakat saat ini. Stiker bisa menjadi cara silaturahmi yang unik secara daring.

Biasanya sejumlah aplikasi seperti WhatsApp dan Instagram menyediakan stiker ucapan lebaran yang bisa dikirim kepada teman atau kerabat kita.

Baca juga: Tips Sehat Menghidangkan Oatmeal

Selain itu, kamu juga bisa membuat stiker sendiri sesuai dengan keinginan kamu melalui sejumlah aplikasi yang bisa diunduh di ponsel kamu. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan foto keluarga atau orang terdekat yang ingin kamu kirimi stiker.

Meski Covid-19 membuat kita tak bisa berkumpul dengan orang-orang tercinta di hari kemenangan. Jangan biarkan pandemi ini memutus silaturami dengan orang-orang tercinta.

Silaturahmi bertujuan untuk mempererat jalinan persaudaraan. Meskipun tidak dapat dilakukan secara langsung dengan pertemuan tatap muka, namun maksud silaturahmi dapat tercapai kendati dilakukan secara daring.

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Komentar

Berita Terkait