Sedekah Laut di Desa Bendar Juwana Tanpa Pesta Dangdut

Pati, Mitrapost.com – Upacara sedekah laut di Desa Bendar Kecamatan Juwana dilaksanakan secara sederhana. Panitia acara meniadakan pesta dangdut untuk memeriahkan suasana.

Kegiatan sedekah laut diawali dengan prosesi larung sesaji yang akan dilarung ke muara sungai menuju ke Laut Jawa dengan diiringi kesenian barongan dan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bertujuan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kevin rivaldi, Plt Sekdes Desa Bendar mengatakan upacara sedekah Laut merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakat pesisir Pulau Jawa.

Baca juga: Sektor Peternakan Lebih Populer di Juwana

Tradisi ini biasanya dilaksanakan di minggu pertama bulan Syawal. Karena masih dalam pandemi covid-19, kegiatan sedekah bumi dilaksanakan secara sederhana.

Baca Juga :   Satpol PP Resmikan 2 Pos Damkar Baru di Kayen dan Juwana

Masyarakat Desa Bandar biasanya menangkap Orkes Melayu (OM) atau grup dangdut untuk memeriahkan acara ini. Namun, tahun ini dan tahun 2020 lalu, masyarakat mencoba menaati aturan pemerintah dan tidak menganggap OM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati