oleh

Menetralkan pH Tanah, BPP Sukolilo Berharap Demplot Bio Konversi Tak Sia-Sia

Pati, Mitrapost.com – Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sukolilo optimis jika Demontrasi Plot (Demplot) Penyemprotan Bio-Konversi mampu berpengaruh secara signifikan pada kandungan tanah. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator BPP Kecamatan Sukolilo, Mudhori saat dihubungi Mitrapost.com, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, Demplot penyemprotan bio-konversi mampu membantu tanah dalam mengurai kandungan residu kimia yang diakibatkan oleh pengaruh zat kimia yang pernah ada. Seperti pestisida maupun pupuk sintetis.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Kami terus mengamati adanya progres dari hasil Demplot yang dilakukan. Berharap dapat memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan kualitas tanah,” ucapnya saat diwawancarai.

Baca juga: Video : BPP Sukolilo Gelar Demplot Penyemprotan Bio Konversi dengan Drone

“Penggunaan bio konversi dapat menghemat pengeluaran petani yang biasanya digunakan membeli pupuk kimia,” imbuh Mudhori.

Baca Juga :   BPP Pucakwangi Ungkap Prospek Penjualan Tembakau 2021 Kurang Bagus

BPP Kecamatan Sukolilo menjalin kerjasama dengan PT. Bio Konversi dalam menyediakan produk pupuk pertanian yang ramah lingkungan.

Selain itu, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Wilayah Binaan Desa Wotan, Masrukan mengungkapkan bahwa potensial of hydrogen (pH) tanah di lahan sawah Desa Wotan dikatakan netral.

“Tanah ber-PH netral cocok digunakan untuk bercocok tanam. Selain itu, beberapa tanaman seperti padi dan ubi kayu optimal ditanam pada tahan ini,” ujar Masrukan.

Perlu diketahui, pH tanah netral pada angka 6,5 hingga 7,8. Kandungan senyawa organik, mikroorganisme, unsur hara dan mineral-mineral dalam kondisi optimal.

Pupuk bio konversi dapat mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan produktivitas tanaman. Pasalnya, bio konversi bermanfaat mengembalikan kesuburan tanah dan memperbaiki kondisi biologis, fisik dan kimia tanah. Sehingga dapat menyediakan sumber hara bagi tanaman.

Baca Juga :   3 Komoditas Daging Ternak Menjadi Sorotan Hingga Lebaran

Pupuk bio konversi sendiri diproduksi secara organik berbahan organisme hidup tanpa ada cairan kimia yang berfungsi menyediakan hara tanah. Selain itu mampu menstimulasi tersedianya hara dalam tanah bagi tanaman. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait