oleh

Kemenag Rembang Tetap Siapkan Administrasi Calon Jemaah Haji

Rembang, Mitrapost.com Pemberangkatan jemaah haji tahun 2021 ini terancam batal lagi. Desas-desus tersebut lantaran situasi pandemi global Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Namun demikian, beredar juga kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa Pemerintah Arab Saudi akan tetap menyelenggarakan ibadah haji di tengah pandemi. Pemerintah Arab Saudi juga disebut telah menyediakan kuota sebanyak 60.000 jemaah haji untuk diberangkatkan tahun 2021 sekarang.

Bpkad Pati

Menanggapi kabar yang masih simpang-siur tersebut, Kasi Penyelanggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Zuhri, menegaskan bahwa pihaknya belum memperoleh informasi pasti terkait pemberangkatan jemaah haji tahun ini. Utamanya untuk para calon jemaah haji dari Kabupaten Rembang.

Baca Juga :   Meski Belum Pasti, Dindikpora Rembang Tetap Minta Sekolah Bersiap Sambut PTM

“Kami sudah mendengar berita itu. Dan kami langsung berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Jateng. Kami tegaskan bahwa belum ada pengumuman resmi tentang penyelenggaraan haji tahun ini dari Pemerinah Arab Saudi,” jelasnya.

Baca juga: Jamaah Haji Indonesia Terancam Tak Berangkat Lagi Tahun Ini

Untuk itu, Ia meminta agar calon jemaah haji dari Rembang yang telah mendaftarkan diri tetap bersabar hingga ada informasi yang jelas dari Pemerintah Arab Saudi dan Kemenag RI.

“Masyarakat agar bersabar menunggu pengumuman resmi dari pemerintah. Kendati waktu semakin mendekati bulan Dzulhijhah,” tuturnya, Selasa (25/4/2021).

Kendati diambang ketidakpastian, Zuhri menegaskan jika Kemenag Kabupaten Rembang tetap mempersiapkan administrasi para calon jemaah haji. Termasuk manasik calon yang harus dilakukan secara mandiri dengan dibina oleh KBIH masing-masing.

Baca Juga :   IPHI Ungkap Kekecewaan Jemaah Haji Batal Berangkat Tahun Ini

Sebagai informasi, dari data PHU Kemenag Rembang, jumlah calon haji yang sedianya berangkat tahun 2020 adalah 761 orang. 742 di antaranya sudah melunasi, 18 di antaranya meninggal dunia. Adapun untuk calon jamaah yang telah meninggal dunia sendiri telah dilakukan pelimpahan porsi kepada ahli warisnya masing-masing. (*)

Baca juga: Pemberangkatan Haji Ditunda Lagi Jika Saudi Tidak Beri Kabar

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait