Kenali Penyebab Pusing Ketika Bangun Tidur

Mitrapost.com Kadang seseorang merasakan pusing begitu bangun tidur. Tak jarang saat itu pula kepala terasa melayang dan saat berdiri merasa goyah. Meskipun kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya, namun perlu juga diwaspadai. Sebab rasa pusing itu bisa saja terjadi karena kondisi kesehatan yang sedang tidak bagus.

Keluhan rasa pusing ketika baru saja bangun tidur itu dapat disebabkan oleh sejumlah faktor:

Bangun secara tiba-tiba

Perubahan gerak yang tiba-tiba dari posisi telentang ke posisi duduk bisa menyebabkan pusing secara tiba-tiba. Hal ini merupakan respons yang diberikan tubuh karena gerakan yang terlalu tiba-tiba.

Oleh sebab itu disarankan agar memberikan jeda ketika bangun dari tidur sebelum duduk atau beranjak dari tempat tidur untuk menghindari rasa pusing.

Baca Juga :   Sikat Gigi Tepat Setelah Bangun Tidur Ternyata Tidak Dianjurkan

Baca juga: Tidur Tanpa Batal, Baik untuk Kesehatan Tulang Leher dan Punggung

Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan pusing saat bangun tidur. Kondisi dehidrasi ini bisa disebabkan karena ruangan tidur bersuhu panas atau hipertemia. Kurang minum air putih serta terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein serta alkohol sebelum tidur juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Gula darah rendah

Merasa pusing ketika bangun tidur juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh memiliki kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes yang mengonsumsi obat antidiabetes seperti insulin.